PEMBUATAN VIDEO IKLAN KOMERSIAL RIHARY LAUNDRY MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Irmayanti, Irmayanti (2025) PEMBUATAN VIDEO IKLAN KOMERSIAL RIHARY LAUNDRY MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar.

[thumbnail of PEMBUATAN VIDEO IKLAN KOMERSIAL RIHARY LAUNDRY MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS] Text (PEMBUATAN VIDEO IKLAN KOMERSIAL RIHARY LAUNDRY MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS)
Laporan Tugas Akhir (Irma).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (923kB)

Abstract

Rihary Laundry service business is one of the MSMEs that faces obstacles in building brand awareness, due to the unavailability of promotional content on social media and suboptimal marketing strategies. This final assignment aims to increase brand awareness by creating commercial advertising videos that are broadcast on the Instagram platform. The implementation method is carried out through three stages, namely: pre-production, which includes creating a client brief, storyboard, character determination, aspect ratio and typography; production, which involves the process of shooting and editing a 1 minute 16 second video using the CapCut application; and post-production, which consists of uploading videos to social media and observing the reach and interaction of the audience with insight tracking. The results of the final assignment for making commercial advertising videos that have been published on Instagram @ryhari.laundry,msr from the insight results, 187 accounts were reached with details of 71.1% from followers and 28.9% who were not followers. In addition, the video received 464 views and generated 33 likes as a form of interaction from the audience.

Usaha jasa Rihary Laundry merupakan salah satu UMKM yang menghadapi kendala dalam membangun brand awareness, akibat belum tersedianya konten promosi di media sosial serta strategi pemasaran yang belum optimal. Tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness melalui pembuatan video iklan komersial yang ditayangkan di platform Instagram. Metode pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: praproduksi, yang mencakup pembuatan brieft client, story board,penentuan karakter,aspek rasio dan tipografi; produksi, yang melibatkan proses pengambilan gambar dan penyuntingan video berdurasi 1 menit 16 detik menggunakan aplikasi CapCut; serta pascaproduksi, yang terdiri dari pengunggahan video ke media sosial dan pengamatan terhadap jangkauan serta interaksi dari penonton dengan pengikuran insight. Hasil tugas akhir pembuatan video iklan komersial yang telah dipublikasikan di instagram @ryhari.laundry,msr dari hasil insight sebanyak 187 akun dijangkau dengan rincian 71,1% dari pengikut dan 28,9% yang bukan pengikut. Selain itu, video tersebut memperoleh 464 kali tayangan dan menghasilkan 33 like sebagai bentuk interaksi dari audiens.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Ruslinda Nur, S.Pd,. M.Pd sebagai Dosen Pembimbing I 2. Besse Irna Tawaddud, S.KM.,M.Kes sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords: Brand awareness, Commercial advertising, Video, Instagram, Rihary laundry Kata kunci : Brand awareness, Iklan komersial, Video, Instagram, Rihary laundry
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan Kampus Makassar
Depositing User: Irmayanti Irmayanti
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:06
Last Modified: 06 Aug 2025 03:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item
View Item