EFEKTIVITAS RIGGING KARAKTER 3D MENGGUNAKAN ADVANCED SKELETON PADA PRODUKSI FILM PENDEK ANIMASI "SAVEN"

Ramadhani, Saraswati (2025) EFEKTIVITAS RIGGING KARAKTER 3D MENGGUNAKAN ADVANCED SKELETON PADA PRODUKSI FILM PENDEK ANIMASI "SAVEN". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of EFEKTIVITAS RIGGING KARAKTER 3D MENGGUNAKAN ADVANCED SKELETON PADA PRODUKSI FILM PENDEK ANIMASI "SAVEN"] Text (EFEKTIVITAS RIGGING KARAKTER 3D MENGGUNAKAN ADVANCED SKELETON PADA PRODUKSI FILM PENDEK ANIMASI "SAVEN")
Saraswati Ramadhani_Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

In the production of a 3D animation, there is a process known as rigging. Rigging in animation is a method that involves adding joints (bones) to an object, making it easier for animators to control the object's movements and deformations. The manual rigging method requires numerous complex technical steps and a lengthy working time. The presence of the Advanced Skeleton plugin offers a solution in terms of time efficiency and flexibility in the 3D rigging process. This study aims to measure the impact of using Advanced Skeleton on the effectiveness and final quality of character rigging in the animated short film “SAVEN.” The research was conducted by comparing manual rigging methods and the Advanced Skeleton method, evaluated in terms of the number of technical steps involved and the final rigging result. The results indicate that Advanced Skeleton can significantly accelerate the rigging process while still delivering a rigging quality comparable to the manual method. This research is expected to serve as an educational resource on the application of Advanced Skeleton and to help enhance public knowledge of the philosophical values of the traditional game Congklak.
Keywords: Animation, Rigging, Advanced Skeleton, Congklak

Pada produksi sebuah animasi 3D terdapat proses yang disebut rigging. Rigging dalam animasi merupakan metode yang melibatkan penambahan joint (tulang) pada objek yang berfungsi untuk mempermudah animator mengendalikan gerakan dan deformasi objek. Pada umumnya, metode rigging manual memerlukan banyak tahapan teknis yang kompleks dan waktu pengerjaan yang lama. Hadirnya plugin Advanced Skeleton menjadi salah satu solusi dalam hal efisiensi waktu dan fleksibilitas proses 3D rigging. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan Advanced Skeleton terhadap efektivitas dan kualitas akhir rigging karakter pada film pendek animasi “SAVEN”. Penelitian dilakukan melalui perbandingan antara metode rigging manual dan metode rigging menggunakan Advanced Skeleton, ditinjau dari jumlah tahapan/langkah teknis serta hasil akhir rigging. Hasil menunjukkan bahwa Advanced Skeleton dapat mempercepat proses rigging secara signifikan, dengan tetap menghasilkan kualitas rig yang sebanding dengan metode manual. Diharapkan penelitian ini dapat berguna sebagai sarana edukasi mengenai implementasi penggunaan Advanced Skeleton serta dapat membantu menambah pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai filosofis dari permainan tradisional congklak.
Kata Kunci: Animasi, Rigging, Advanced Skeleton, Congklak

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Carissa Dwilanisusantya, M.Si. selaku Dosen Pembimbing I 2. Ilham Khalid Setiawan, S.T. selaku Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Animation, Rigging, Advanced Skeleton, Congklak, Animasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Saraswati Ramadhani
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:40
Last Modified: 06 Aug 2025 07:40
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item
View Item