PENCIPTAAN KARAKTER 3D DENGAN TEKNIK BOX MODELING DAN SCULPTING PADA ANIMASI “RISE AGAIN” SEBAGAI REPRESENTASI RESILIENSI TRAUMA

Wicaksono, Priagung (2025) PENCIPTAAN KARAKTER 3D DENGAN TEKNIK BOX MODELING DAN SCULPTING PADA ANIMASI “RISE AGAIN” SEBAGAI REPRESENTASI RESILIENSI TRAUMA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENCIPTAAN KARAKTER 3D DENGAN TEKNIK BOX MODELING DAN SCULPTING PADA ANIMASI “RISE AGAIN” SEBAGAI REPRESENTASI RESILIENSI TRAUMA] Text (PENCIPTAAN KARAKTER 3D DENGAN TEKNIK BOX MODELING DAN SCULPTING PADA ANIMASI “RISE AGAIN” SEBAGAI REPRESENTASI RESILIENSI TRAUMA)
Laporan Tugas Akhir_Priagung Wicaksono_20230109_Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT

This study explores the creation of a 3D character in the animated short film “Rise Again” by combining box modeling and digital sculpting techniques. The main goal is to evaluate how effectively both methods can be integrated to produce a visually detailed yet animation-ready character that aligns with the original concept art. A practice-based qualitative method was used. One main character was developed using software such as Maya, ZBrush, Substance Painter, and Blender. The modeling pipeline includes planning, blocking, detailing, UV mapping, and texturing. Expert validation was conducted through interviews with professional 3D artists to assess aspects such as proportions, topology, technical performance, and workflow efficiency. The findings show that combining both techniques offers greater flexibility for organic shapes and cleaner topology for animation, making the hybrid approach suitable for production pipelines.

Keywords: 3D Character, Box Modeling, Sculpting, Animation

ABSTRAK

Penelitian ini membahas proses penciptaan karakter 3D dalam film animasi “Rise Again” dengan menggabungkan teknik box modeling dan digital sculpting. Tujuan utama adalah mengevaluasi efektivitas penggabungan kedua teknik tersebut untuk menghasilkan karakter 3D yang sesuai konsep, kaya detail visual, namun tetap ringan dan siap digunakan dalam animasi. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif berbasis praktik penciptaan. Objek yang dikembangkan adalah satu karakter utama, dengan bantuan software Maya, ZBrush, Substance Painter, dan Blender. Proses modeling meliputi tahap perencanaan, blocking, detailing, UV mapping, dan texturing. Validasi dilakukan melalui wawancara dengan profesional 3D untuk menilai aspek proporsi, topologi, performa teknis, hingga efisiensi kerja. Hasil menunjukkan bahwa kombinasi box modeling dan sculpting memberikan fleksibilitas dalam bentuk organik dan efisiensi topologi, sehingga cocok diterapkan dalam pipeline produksi animasi.

Kata Kunci: Karakter 3D, Box Modeling, Sculpting, Animasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Muhammad Suhaili, S.E, M.Kom, Selaku Dosen Pembimbing 1 2. Antonius Edi Widiargo, S.T., M.I.Kom. Selaku Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: 3D Character, Box Modeling, Sculpting, Animation. Karakter 3D, Box Modeling, Sculpting, Animasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Priagung Wicaksono
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:42
Last Modified: 06 Aug 2025 07:42
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item
View Item