Suradiradja, Afit (2025) Perancangan Simulasi 3D Dalam Membangun Dramatisasi Pada Film Pendek Animasi 'Lens of Diary'. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Simulasi 3D Dalam Membangun Dramatisasi Pada Film Pendek Animasi 'Lens of Diary' [thumbnail of Perancangan Simulasi 3D Dalam Membangun Dramatisasi Pada Film Pendek Animasi 'Lens of Diary']](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
This study examines the design of 3D simulation as a means of building dramatization in the animated short film Lens of Diary. The applied method is Practice Led Research by Husen Hendriyana, which consists of four integrated stages. The exploration stage involves literature review and interviews with VFX practitioners to map dramatic needs and technical constraints. The design stage formulates the specifications for rigid body destruction simulation and dynamic crowd simulation, including parameters for efficiency and artistic control. The realization stage involves asset creation, and the integration of real-time simulation into Unreal Engine 5 to enable faster iteration. The presentation stage includes a screening session for respondents aged 15 to 30 years, in which 84 to 90 percent of viewers stated that the simulation enhanced the atmosphere and message of the story. These results affirm that combining real-time simulation with manual keyframing is effective in increasing emotional intensity while optimizing production resources. The findings are expected to serve as a reference for academics and small to medium-scale animation practitioners in adopting 3D simulation for more immersive visual storytelling.
Penelitian ini mengkaji perancangan simulasi 3D sebagai sarana membangun dramatisasi dalam film pendek animasi Lens of Diary. Metode yang diterapkan adalah Practice Led Research dari Husen Hendriyana, yang meliputi empat tahap terintegrasi. Tahap eksplorasi mencakup studi literatur serta wawancara dengan praktisi VFX untuk memetakan kebutuhan dramatik dan kendala teknis. Tahap perancangan merumuskan spesifikasi simulasi rigid body destruksi bangunan serta simulasi keramaian dinamis, lengkap dengan parameter efisiensi dan kontrol artistik. Tahap perwujudan merealisasikan aset, serta mengintegrasikan simulasi real time ke dalam Unreal Engine 5 agar proses iterasi berlangsung cepat. Tahap penyajian memanfaatkan uji pemutaran kepada responden berusia 15 hingga 30 tahun yang menghasilkan 84 hingga 90 persen penonton menilai simulasi memperkuat suasana dan pesan cerita. Hasil ini menegaskan bahwa pendekatan gabungan antara simulasi real time dan keyframing manual efektif meningkatkan intensitas emosional sekaligus menghemat sumber daya produksi. Temuan diharapkan menjadi referensi bagi akademisi dan pelaku industri animasi skala kecil hingga menengah dalam mengadopsi simulasi 3D untuk narasi visual yang lebih imersif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. M. Nur Ramly, S.T., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | 3D Simulation, visual dramatization, Unreal Engine 5, Practice-Led Research Simulasi 3D, dramatisasi visual, Unreal Engine 5, Practice-Led Research |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Afit Suradiradja |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:37 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:37 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1501 |