PERANCANGAN DESAIN BUKU POP-UP SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MAHASISWA BARU DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF

Setiadi, Bayu (2025) PERANCANGAN DESAIN BUKU POP-UP SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MAHASISWA BARU DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Desain Buku Pop-Up Sebagai Media Promosi Untuk Mahasiswa Baru di Politeknik Negeri Media Kreatif] Text (Perancangan Desain Buku Pop-Up Sebagai Media Promosi Untuk Mahasiswa Baru di Politeknik Negeri Media Kreatif)
TA2025_B_05_BAYU SETIADI_laporan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (764kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media promosi inovatif yang terdiri dari buku pop-up interaktif sebagai alat utama untuk memperkenalkan kampus kepada siswa yang akan masuk. Perancangan ini didasarkan pada kebutuhan akan media promosi yang tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga dapat menarik perhatian secara visual dan memberikan pengalaman interaktif. Buku pop-up menyajikan sejarah, program studi, dan strategi pembelajaran. Pengalaman membaca menjadi lebih menarik dan mudah dipahami karena informasi disampaikan melalui ilustrasi tiga dimensi (3D) yang muncul saat halaman dibuka. Studi pustaka, wawancara dengan pihak kampus, dan pengamatan tentang kebutuhan media promosi yang efektif dan menarik bagi generasi muda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pop-up efektif dalam menarik minat dan meningkatkan pemahaman mahasiswa baru tentang identitas dan keunggulan kampus. Selain itu, berbagai produk pendukung, seperti pulpen, pouch, keychain, dan totebag, dirancang dengan elemen visual yang serupa dengan buku pop-up. Media pendukung meningkatkan jangkauan promosi dan meningkatkan citra kampus secara keseluruhan. Diharapkan kampus dapat melakukan komunikasi yang lebih kuat dan menarik dengan calon mahasiswa dengan metode ini.

The purpose of this research is to create innovative promotional media consisting of interactive pop-up books as the main tool to introduce the campus to incoming students. This design is based on the need for promotional media that not only conveys information but can also attract attention visually and provide an interactive experience. The pop-up book presents the history, study programs, and learning strategies. The reading experience becomes more interesting and easy to understand because the information is conveyed through three-dimensional (3D) illustrations that appear when the page is opened. Literature study, interviews with the campus, and observations on the need for effective and attractive promotional media for the younger generation were used in this research. The results showed that the pop-up book was effective in attracting interest and increasing new students' understanding of the identity and excellence of the campus. In addition, various supporting products, such as pens, pouches, keychains, and totebags, were designed with visual elements similar to the pop-up book. The supporting media increased the promotional reach and enhanced the overall image of the campus. It is expected that the campus can conduct stronger and more attractive communication with prospective students with this method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Drs. Hari Purnomo, M.Sn., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Laelatul Pathia, M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Muncul, Media Promosi, Mahasiswa Baru, Interaktif, Kampus. Pop-up, Promotional Media, New Student, Interactive, Campus.
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Bayu Setiadi
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:39
Last Modified: 07 Aug 2025 03:39
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item
View Item