Evangelique Benita, Nathania (2025) PENCIPTAAN KARYA ANIMASI 3D “BLANK” MENGGUNAKAN EFEK 3 WARNA LIGHTING UNTUK MEMPERKUAT EMOSI KARAKTER. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENCIPTAAN KARYA ANIMASI 3D “BLANK” MENGGUNAKAN EFEK 3 WARNA LIGHTING UNTUK MEMPERKUAT EMOSI KARAKTER [thumbnail of PENCIPTAAN KARYA ANIMASI 3D “BLANK” MENGGUNAKAN EFEK 3 WARNA LIGHTING UNTUK MEMPERKUAT EMOSI KARAKTER]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENCIPTAAN KARYA ANIMASI 3D BLANK MENGGUNAKAN EFEK 3 WARNA LIGHTING UNTUK MEMPERKUAT EMOSI KARAKATER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Gadgets constitute technological tools that are widely utilized in daily life; however, excessive use over prolonged periods may lead to addiction and result in adverse effects. The short animated film "BLANK!" centers on the issue of gadget addiction among adolescents, a phenomenon particularly prevalent within Generation Alpha— a demographic highly integrated with digital technology. This final project aims to promote awareness regarding the importance of limiting screen time and to examine the role of three lighting color schemes in enhancing emotional expression in animated characters. Lighting serves a fundamental function in establishing mood and atmosphere within animated narratives. Based on the findings from four respondents, this study demonstrates that the use of three lighting colors significantly contributes to reinforcing the emotional depth of animated characters.
Keyword : Gadget, teenage, animation, lighting, color
Gadget menjadi teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari, namun memiliki dapat memicu kecanduan apabila digunakan dalam waktu lama, dan menyebabkan dampak buruk. Pembuatan film pendek animasi “BLANK!” berfokus pada masalah remaja yang memiliki kecanduan akan gadget karena terlalu sering menggunakannya, dan berdampak buruk pada khususnya Generasi Alpha yang merupakan generasi paling akrab dengan teknologi. Pembuatan karya tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan akan pentingnya membatasi waktu penggunaan gadget dan bagaimana efek tiga warna lighting untuk memperkuat emosi karakter. Lighting memiliki peran penting dalam menghidupkan suasana dalam film animasi. Melalui penelitian ini, terbukti melalui empat responden bagaimana efek tiga warna lighting dapat memperkuat emosi karakter.
Kata Kunci : Gawai, remaja, animasi, pencahayaan, warna
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Carissa D. Susantya, M. Si., sebagai dosen pembimbing I; 2. Ilham Khalid Setiawan, S. Sn., sebagai dosen pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Gadget, teenage, animation, lighting, color, Gawai, remaja, animasi, pencahayaan, warna |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Nathania Evangelique Benita |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:05 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:05 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1542 |