IMPLEMENTASI PRACTICE-BASED RESEARCH DALAM MERANCANG ENVIRONMENT 3D FILM ANIMASI ‘‘STRONGER TOGETHER’’ SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK

Alba, Annisa Shalwa (2025) IMPLEMENTASI PRACTICE-BASED RESEARCH DALAM MERANCANG ENVIRONMENT 3D FILM ANIMASI ‘‘STRONGER TOGETHER’’ SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PRACTICE-BASED RESEARCH DALAM MERANCANG ENVIRONMENT 3D FILM ANIMASI ‘‘STRONGER TOGETHER’’ SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK] Text (IMPLEMENTASI PRACTICE-BASED RESEARCH DALAM MERANCANG ENVIRONMENT 3D FILM ANIMASI ‘‘STRONGER TOGETHER’’ SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK)
LAPORAN TUGAS AKHIR_ANNISA SHALWA ALBA.FINAL DRAFT-1-13.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (790kB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan environment 3D untuk film animasi edukatif “Stronger Together’’ dengan pendekatan Practice-Based Research (PBR), guna menciptakan representasi visual yang autentik dan efektif sebagai media pembelajaran. Melalui observasi lapangan di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, tim mengumpulkan data budaya dan visual, yang kemudian diolah menjadi konsep artistik semi-realistis. Proses dilanjutkan dengan pembuatan prototipe 3D dan uji coba kepada 10 anak usia 7–12 tahun. Hasilnya menunjukkan 80% anak merasakan kedekatan emosional dengan lingkungan film, sementara 100% mengenali elemen budaya seperti permainan bakiak dan arsitektur lokal. Analisis kuesioner terhadap 15 praktisi animasi juga mengungkap bahwa PBR berhasil memadukan akurasi budaya (86.7% setuju) dengan kebutuhan teknis produksi. Film ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sukses menyampaikan nilai kerja sama melalui cerita yang relevan dengan keseharian anak. Temuan ini menawarkan model penerapan PBR untuk produksi media edukatif berbasis budaya lainnya, dengan penekanan pada kolaborasi antar disiplin dan validasi partisipatif.
This study employs Practice-Based Research (PBR) to design 3D environments for the educational animation Stronger Together, aiming to create culturally authentic visuals as effective learning media. Field research in Srengseng Sawah, South Jakarta, informed semi-realistic artistic concepts, later prototyped into 3D models and tested with 10 children (aged 7–12). Results showed 80% emotional engagement with the environment, while 100% recognized cultural elements like bakiak games and local architecture. Surveys of 15 animation practitioners confirmed PBR's success in balancing cultural accuracy (86.7% agreement) with production needs. The film effectively conveyed teamwork values through relatable narratives, demonstrating animation's potential as culturally rooted educational media. The study proposes a replicable PBR framework for similar projects, emphasizing interdisciplinary collaboration and participatory evaluation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Ahmad Ariefiantoro K, sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Practice-Based Research, Environment 3D, Film Animasi, Edukasi Anak, Budaya Lokal, Permainan Tradisional. Practice-Based Research, 3D Environment, Animated Film, Children’s Education, Local Culture, Traditional Games.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Annisa Shalwa Alba
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:22
Last Modified: 08 Aug 2025 02:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item
View Item