PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN JENIS GOLONGAN MAKANAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DI SDN SATRIA JAYA 03

Muzakki, Yazki (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN JENIS GOLONGAN MAKANAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DI SDN SATRIA JAYA 03. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN JENIS GOLONGAN MAKANAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DI SDN SATRIA JAYA 03] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN JENIS GOLONGAN MAKANAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DI SDN SATRIA JAYA 03)
[PRELIMS]-Laporan_Tugas_Akhir_Publikasi_Yazki_Muzakki_21230134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (908kB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran tradisional seperti buku teks yang bersifat pasif
masih sering dijumpai di lingkungan sekolah, sehingga menyebabkan keterbatasan
dalam penyampaian materi secara visual dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini
yaitu mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Augmented
Reality (AR) dengan sistem double marker yang memungkinkan siswa melihat
representasi hewan dan jenis makanan dalam bentuk tiga dimensi, dilengkapi fitur
rotasi dan efek suara 3D. Pemilihan topik ini didasarkan pada potensi AR dalam
meningkatkan motivasi dan ketertarikan belajar siswa, sesuai dengan pendekatan
teori incentive salience merupakan proses kognitif dalam memberikan daya tarik
dan motivasi terhadap rangsangan yang dianggap sebagai hadiah, dalam hal ini
berupa informasi. Dalam pengembangan aplikasi ini, digunakan metode
Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC yang meliputi enam tahapan:
konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil
pengujian black box terhadap media pembelajaran ini menunjukkan bahwa seluruh
fitur yang dirancang pada perangkat Android berfungsi dengan baik dan telah
divalidasi. Media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality ini
diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan rasa ingin
tahu serta motivasi siswa terhadap materi klasifikasi hewan, melalui penyajian yang
menarik dan interaktif.

The use of traditional learning methods such as textbooks that are passive is still
often found in the school environment, causing limitations in delivering material
visually and interactively. The purpose of this research is to develop interactive
learning media using Augmented Reality (AR) with a double marker system that
allows students to see representations of animals and food types in threedimensional form, equipped with rotation features and 3D sound effects. The
selection of this topic is based on the potential of AR in increasing student
motivation and interest in learning, in accordance with the incentive salience theory
approach, which is a cognitive process in providing attraction and motivation to
stimuli that are considered as rewards, in this case in the form of information. In
developing this application, the Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
method was used. MDLC includes six stages: concept, design, material collection,
creation, testing, and distribution. The results of black box testing of this learning
media show that all features designed on Android devices function properly and
have been validated. This Augmented Reality-based interactive learning media is
expected to be an effective tool in increasing students' curiosity and motivation
towards animal classification material, through an interesting and interactive
presentation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Arrahmah Aprilia, S.T., MT., selaku Dosen Pembimbing I 2. Muhamad Ridwan S.I.kom., MM., selaku Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Double Maker, Media Pembelajaran
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Yazki Muzakki
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:19
Last Modified: 14 Aug 2025 03:19
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item
View Item