PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE MENGATASI RASA MALAS DAN KURANG INISIATIF UNTUK “SOCIALCONNECT.ID” JAKARTA

Fathan Muhammad, Albant (2025) PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE MENGATASI RASA MALAS DAN KURANG INISIATIF UNTUK “SOCIALCONNECT.ID” JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE MENGATASI RASA MALAS DAN KURANG INISIATIF UNTUK “SOCIALCONNECT.ID” JAKARTA] Text (PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE MENGATASI RASA MALAS DAN KURANG INISIATIF UNTUK “SOCIALCONNECT.ID” JAKARTA)
PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE MENGATASI RASA MALAS DAN KURANG INISIATIF UNTUK “SOCIALCONNECT.ID” JAKARTA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (821kB)

Abstract

Socialconnect.id is a digital platform that focuses on the distribution of educational and inspirational content with a strong visual approach. This campaign uses visual books as the main media and Instagram as a supporting platform in delivering personal, practical, and visually appealing messages to Generation Z in Indonesia. This design aims to invite and educate generation z in Indonesia, how important it is to overcome laziness and lack of initiative. The methods used include observation, interviews, and library studies to obtain accurate data. The hypothesis states that delivering visual narratives through creatively designed books can reduce laziness and encourage initiative in everyday life. The results of the design are expected to be an effective media in forming a proactive attitude and reducing dependence on technology with solution-oriented and relevant content.
Keywords: Generation Z, Visual Book, Campaign Design, Initiative, Socialconnect.id

Socialconnect.id merupakan platform digital yang berfokus pada penyebaran konten edukatif dan inspiratif dengan pendekatan visual yang kuat. Kampanye ini menggunakan buku visual sebagai media utama dan Instagram sebagai platform pendukung dalam menyampaikan pesan yang personal, praktis, dan menarik secara visual kepada Generasi Z di Indonesia. Perancangan ini bertujuan Untuk mengajak dan mengedukasi generasi z di Indonesia, bagaimana pentingnya mengatasi rasa malas dan kurangnya rasa inisiatif. Metode yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan studi Pustaka untuk memperoleh data akurat. Hipotesis menyatakan bahwa penyampaian narasi visual melalui buku yang dirancang secara kreatif dapat mengurangi rasa malas dan mendorong inisiatif dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari perancangan di harapkan mampu menjadi media yang efektif dalam membentuk sikap proaktif dan mengurangi ketergantungan terhadap teknologi dengan konten yang solutif dan relevan.
Kata Kunci: Generazi Z, Buku Visual, Desain Kampanye, Inisiatif, Socialconnect.id

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Dayu Sri Herti, S.Pd., M.Sn., sebagai Dosen Pembimbing I 2. Rezki Gautama Tanrere, M.Ds., sebagai Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Generation Z, Visual Book, Campaign Design, Initiative, Socialconnect.id, Generazi Z, Buku Visual, Desain Kampanye, Inisiatif, Socialconnect.id
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Albant Fathan Muhammad
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:35
Last Modified: 26 Aug 2025 07:35
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item
View Item