Perancangan Karakter 3D Dengan Pendekatan Box Modelling Merepresentasikan Kehidupan Masyarakat Berekonomi Rendah Dalam Animasi "Unbound Dreams"

Idris, Ade (2025) Perancangan Karakter 3D Dengan Pendekatan Box Modelling Merepresentasikan Kehidupan Masyarakat Berekonomi Rendah Dalam Animasi "Unbound Dreams". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of (Perancangan Karakter 3D Dengan Pendekatan Box Modelling Merepresentasikan Kehidupan Masyarakat Berekonomi Rendah Dalam Animasi "Unbound Dreams"] Text ((Perancangan Karakter 3D Dengan Pendekatan Box Modelling Merepresentasikan Kehidupan Masyarakat Berekonomi Rendah Dalam Animasi "Unbound Dreams")
Laporan TA_Ade Idris_21230004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (749kB)

Abstract

This study aims to design a 3D character using the box modeling technique as a medium to convey the issue of limited access to education due to economic hardship. Through a short animation titled Unbound Dreams, the main character is portrayed as a teenager from a low-income family who continues to pursue education despite financial challenges. The creation process applied a practice-based research approach using David Campbell's five-stage method. The final result was evaluated through expert interviews, which confirmed that the character’s visual representation aligns with the theme, although minor improvements are still needed. Box modeling was chosen for its flexibility and efficiency in creating communicative character designs.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang karakter 3D menggunakan teknik box modelling sebagai media penyampai isu keterbatasan pendidikan akibat kondisi ekonomi. Melalui animasi pendek berjudul Unbound Dreams, karakter utama divisualisasikan mewakili remaja dari keluarga kurang mampu yang tetap berjuang melanjutkan pendidikan. Proses penciptaan dilakukan menggunakan pendekatan practice-based research melalui lima tahap David Campbell. Hasil akhir dievaluasi melalui wawancara dengan para ahli, yang menyatakan bahwa visual karakter sudah relevan dengan tema, meskipun masih diperlukan sedikit penyempurnaan. Teknik box modelling dipilih karena fleksibilitasnya dalam proses pembuatan karakter yang efisien dan komunikatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Muhammad Suhaili, S.E., M.Kom., Sebagai Dosen Pembimbing I 2. Ilham Khalid Setiawan, S.T., Sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords: 3D Animation, Box Modelling, Character, Education, Low-Income Kata kunci: Animasi 3D, Box Modelling, Karakter, Pendidikan, Ekonomi Rendah.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Ade Idris
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:41
Last Modified: 11 Aug 2025 07:41
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item
View Item