Perancangan Game Simulasi Pengolahan Bahan Makanan Minang Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Game Development Life Cycle (Studi Kasus : Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI di SMAS PKP DKI Jakarta)

Syaifullah, Khalid (2025) Perancangan Game Simulasi Pengolahan Bahan Makanan Minang Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Game Development Life Cycle (Studi Kasus : Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI di SMAS PKP DKI Jakarta). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Game Simulasi Pengolahan Bahan Makanan Minang Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Game Development Life Cycle  (Studi Kasus : Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI di SMAS PKP DKI Jakarta)] Text (Perancangan Game Simulasi Pengolahan Bahan Makanan Minang Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Game Development Life Cycle (Studi Kasus : Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI di SMAS PKP DKI Jakarta))
LAPORAN TUGAS AKHIR KHALID SYAIFULLAH SOFTCOPY REPOSITORY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Rendang merupakan salah satu makanan tradisional khas Minang yang terkenal dengan cita rasa khas dan proses pembuatannya yang kompleks serta memakan waktu lama. Proses pengolahan rendang menjadi tantangan tersendiri apabila diterapkan sebagai praktik langsung dalam pembelajaran. Materi Pengolahan Bahan Makanan Hewani dan Nabati Menjadi Makanan Tradisional, termasuk makanan tradisional seperti rendang, diajarkan pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) di SMAS PKP DKI Jakarta khususnya untuk siswa kelas XI. Namun, terdapat waktu yang terbatas sehingga sulit untuk menerapkan praktik pembuatan makanan seperti rendang di kelas. Untuk mengatasi kendala tersebut, penelitian ini merancang media interaktif berupa permainan simulasi sebagai alternatif pembelajaran yang tidak terikat waktu. Permainan simulasi ini dirancang menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan bertujuan sebagai media pembelajaran pada materi tersebut khususnya makanan Minang. Penilaian aspek informatif dilakukan melalui kuesioner dan pendapat pengguna, sedangkan untuk mengukur efektivitas permainan dianalisis menggunakan metode N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan permainan berhasil dirancang sesuai tahapan GDLC dan mendapatkan respons positif sebagai media informatif, namun efektivitas permainan yang dirancang sebagai media pembelajaran belum terbukti efektif berdasarkan nilai ujian tes awal dan tes akhir siswa yang dianalisis dengan metode N-Gain.

Rendang is one of the traditional Minang foods that is famous for its distinctive taste and complex and time-consuming manufacturing process. The processing of rendang is a challenge when applied as a direct practice in learning. The material of Processing Animal and Vegetable Foodstuffs into Traditional Foods, including traditional foods such as rendang, is taught in the subject of Workshop and Entrepreneurship (PKWU) at SMAS PKP DKI Jakarta, especially for grade XI students. However, there is limited time so it is difficult to implement the practice of making food such as rendang in class. To overcome these obstacles, this research designs interactive media in the form of simulation games as an alternative to time-bound learning. This simulation game is designed using the Game Development Life Cycle (GDLC) method and aims as a learning media on the material, especially Minang food. The assessment of informative aspects was carried out through questionnaires and user opinions, while to measure the effectiveness of the game was analyzed using the N-Gain method. The results showed that the game was successfully designed according to the GDLC stages and received a positive response as an informative media, but the effectiveness of the game designed as a learning media has not been proven effective based on the students' initial and final test scores analyzed by the N-Gain method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom, sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Eka Desy Asgawanti, S.S., M.Pd, sebagai Dosen Pembimbing II;
Uncontrolled Keywords: Permainan Simulasi, Pengolahan Bahan Makanan Minang, Media Pembelajaran, Game Development Life Cycle (GDLC), Prakarya dan Kewirausahaan Simulation Game, Minang Food Processing, Learning Media, Game Development Life Cycle (GDLC), Workshop and Entrepreneurship
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Khalid Syaifullah
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:53
Last Modified: 08 Aug 2025 02:53
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item
View Item