Bachtiar, Muhammad Rizky (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY DENGAN TEKNOLOGI GOOGLE VR SDK SEBAGAI MEDIA EDUKASI CAGAR BUDAYA KOTA DEPOK MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY DENGAN TEKNOLOGI GOOGLE VR SDK SEBAGAI MEDIA EDUKASI CAGAR BUDAYA KOTA DEPOK MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) [thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY DENGAN TEKNOLOGI GOOGLE VR SDK SEBAGAI MEDIA EDUKASI CAGAR BUDAYA KOTA DEPOK MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary Research_ Muhammad Rizky Bachtiar_21240095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (536kB)
Abstract
In the modern era, technological advancements have become a highly effective means of conveying information, particularly in the fields of historical education and cultural preservation. One innovation that can be utilized to introduce local cultural heritage to younger generations is Virtual Reality (VR) technology. This study aims to develop an educational VR-based application focused on introducing cultural heritage sites in Depok City. The application is specifically designed for 5th-grade elementary school students as an interactive, engaging, and modern learning medium. Through the experience it offers, students can virtually explore various historical sites such as Rumah Tua Cimanggis, Rumah Tua Pondok Cina, Jembatan Panus, Gereja GPIB Immanuel, Rumah Pendeta, SDN Pancoranmas 2 Depok, Rumah Presiden, Eben Haezer, and Rumah Sakit Harapan. The application is expected to enhance students' knowledge, learning interest, and awareness of the importance of preserving historical and cultural values. The development of the application follows the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method. The final results indicate that this application is effective as an engaging and relevant educational tool for students.
Di era modern, perkembangan teknologi telah menjadi sarana yang sangat efektif dalam menyampaikan informasi, khususnya dalam bidang edukasi sejarah dan pelestarian budaya. Salah satu inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya mengenalkan warisan budaya lokal kepada generasi muda adalah teknologi Virtual Reality (VR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi edukatif berbasis VR yang berfokus pada pengenalan situs-situs cagar budaya di Kota Depok. Aplikasi ini dirancang khusus untuk siswa kelas 5 Sekolah Dasar sebagai media pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan modern. Melalui pengalaman yang ditawarkan, siswa dapat mengeksplorasi secara virtual berbagai situs bersejarah seperti Rumah Tua Cimanggis, Rumah Tua Pondok Cina, Jembatan Panus, Gereja GPIB Immanuel, Rumah Pendeta, SDN Pancoranmas 2 Depok, Rumah Sakit Harapan, Rumah Presiden, dan Eben Haezer. Harapannya, aplikasi ini mampu meningkatkan pengetahuan, minat belajar, serta kesadaran siswa terhadap pentingnya pelestarian nilai-nilai sejarah dan budaya lokal. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif sebagai media edukasi yang menarik dan relevan bagi siswa.