Felix Hegan Da Mei'Dj, Axelcis (2025) PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGELOMPOKAN SAMPAH DALAM MENJAGA LINGKUNGAN BERSIH. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Aplikasi Virtual Reality Sebagai Media Edukasi Pengelompokan Sampah Dalam Menjaga Lingkungan Bersih [thumbnail of Perancangan Aplikasi Virtual Reality Sebagai Media Edukasi Pengelompokan Sampah Dalam Menjaga Lingkungan Bersih]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA_Preliminary_AXELCIS FELIX HEGAN DA MEI'DJ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi VR Edu Trash, sebuah media edukasi berbasis VR yang dirancang untuk membantu siswa sekolah dasar dalam memahami materi pengelompokan sampah berdasarkan jenisnya yaitu organik, anorganik, dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Pengembangan aplikasi ini menggunakan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam tahapan. Tahapan evaluasi mencakup pengujian black box, metode System Usability Scale (SUS), serta pre-test dan post-test yang dilakukan terhadap 20 siswa kelas 2B di SDN Srengseng Sawah 07. Hasil menunjukkan bahwa seluruh fitur pada aplikasi berjalan sesuai fungsi tanpa adanya kesalahan. Rata-rata nilai pre-test siswa sebesar 52,2 meningkat menjadi 84,4 pada post-test, dengan nilai N-Gain sebesar 0,67, yang termasuk dalam kategori sedang ke tinggi. Sementara itu, skor SUS yang diperoleh adalah 83,5, yang masuk dalam kategori "Excellent" dengan grade A. Pengujian kompatibilitas juga menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan lancar pada berbagai perangkat Android. Berdasarkan hasil-hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi VR Edu Trash sangat layak digunakan sebagai media edukatif menarik dan interaktif karena terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai pengelompokan sampah serta menumbuhkan rasa kepedulian diri terhadap pentingnya menjaga lingkungan bersih sejak usia dini.
This research was conducted to design and develop the VR Edu Trash application, a VR-based educational media designed to help elementary school students understand the material of classifying waste based on its type, namely organic, inorganic, and B3 (Hazardous and Toxic Materials). The development of this application uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) approach which includes six stages. The evaluation stage includes black box testing, System Usability Scale (SUS) method, as well as pre-test and post-test conducted on 20 students of class 2B at SDN Srengseng Sawah 07. The results show that all features in the application run according to function without any errors. The average student pre-test score of 52.2 increased to 84.4 in the post-test, with an N-Gain value of 0.67, which is included in the medium to high category. Meanwhile, the SUS score obtained was 83.5, which falls into the “Excellent” category with grade A. Compatibility testing also shows that the application can run smoothly on various Android devices. Based on these results, it can be concluded that the VR Edu Trash application is very feasible to use as an attractive and interactive educational media because it is proven to be able to increase students' understanding of waste grouping and foster a sense of self-awareness of the importance of maintaining a clean environment from an early age.