Prakusya, Kenang (2025) PERANCANGAN DESAIN DAN TATA LETAK PADA NASKAH NOVELET "AELIA: LUKA VIRTUAL". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN DESAIN DAN TATA LETAK PADA NASKAH NOVELET "AELIA: LUKA VIRTUAL" [thumbnail of PERANCANGAN DESAIN DAN TATA LETAK PADA NASKAH NOVELET "AELIA: LUKA VIRTUAL"]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir Kenang Prakusya (Preliminary).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Karya Tugas Akhir ini mengangkat isu tentang cyberbullying dan kesehatan mental remaja melalui perancangan desain sampul dan tata letak naskah novelet yang berjudul AELIA: Luka Virtual. Tujuan penulisan adalah menciptakan media edukatif visual yang informatif sekaligus emosional, guna meningkatkan kesadaran remaja terhadap etika digital dan dampak negatif psikologis dari perundungan daring. Penulisan laporan Tugas Akhir ini mengacu pada teori desain grafis dari Widya & Darmawan (2016) serta teori tata letak dari Anggarini (2021) yang meliputi tahap praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Metode pelaksanaan menggunakan studi pustaka dan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data, dengan responden dari kalangan remaja berusia 13–20 tahun. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa keterhubungan antara narasi cerita dan pendekatan visual mampu menciptakan desain yang tidak hanya fungsional namun juga estetis. Kesimpulannya, karya ini tidak hanya menjadi sarana kampanye empatik terhadap isu cyberbullying, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam ranah dunia desain dan literasi digital di kalangan remaja.
This final project addresses the issue of cyberbullying and adolescent mental health through the design of the cover and layout of a novella titled AELIA: Virtual Wounds. The objective of this project is to create an informative and emotionally engaging visual educational medium to raise adolescent awareness of digital ethics and the negative psychological effects of online bullying. The writing of this final project report refers to the graphic design theory of Widya & Darmawan (2016) and the layout theory of Anggarini (2021), which includes the pre-production, production, and post-production stages. The implementation method uses literature study and questionnaires as data collection techniques, with respondents aged 13–20 years. The discussion results indicate that the connection between narrative storytelling and visual approach can create designs that are not only functional but also aesthetically pleasing. In conclusion, this work not only serves as an empathetic campaign tool addressing the issue of cyberbullying but also contributes positively to the fields of design and digital literacy among teenagers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Diah Amelia, S.Hum., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Angga Priatna, S.DKV., M.Sn., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Cyberbullying, Kesehatan Mental, Remaja, Digital, Sosial Media, Cyberbullying, Mental Health, Adolescents, Digital, Social Media |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan |
Depositing User: | Kenang Prakusya |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:11 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:11 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1663 |