PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI VIU DENGAN METODE DESIGN THINKING MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE

Wisnu, Alif (2025) PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI VIU DENGAN METODE DESIGN THINKING MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER  EXPERIENCE APLIKASI VIU DENGAN METODE DESIGN THINKING MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE] Text (PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI VIU DENGAN METODE DESIGN THINKING MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE)
Laporan TA - Alif Wisnu Pramudya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi Viu dengan metode Design Thinking dan alat ukur System Usability Scale (SUS). Permasalahan ditemukan melalui ulasan pengguna di Google Play Store dan kuesioner awal, yang menunjukkan skor SUS sebesar 51,5, berada di bawah standar rata-rata 68 dan tergolong Not Acceptable. Penelitian dilakukan melalui lima tahap Design Thinking: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Sebanyak 25 responden dilibatkan dengan menggunakan kuesioner SUS dan pertanyaan essai. Setelah dilakukan perancangan ulang berbasis temuan pengguna dan diuji kembali, skor SUS meningkat menjadi 79,1 dan tergolong Acceptable dengan predikat “Excellent”. Hasil ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek usability. Penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan UI/UX berbasis data pengguna guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna aplikasi.

This study aims to analyze and redesign the User Interface (UI) and User Experience (UX) of the Viu application using the Design Thinking approach and the System Usability Scale (SUS). Problems were identified through Google Play Store reviews and an initial questionnaire, showing a SUS score of 51.5, which is below the average standard of 68 and categorized as Not Acceptable. The research followed five stages of Design Thinking: Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. A total of 25 respondents were involved using SUS questionnaires and open-ended questions. After a redesign based on user findings and retesting, the SUS score improved to 79.1 and was categorized as Acceptable with an “Excellent” grade. These results indicate a significant improvement in usability. This study provides user data-based UI/UX improvement recommendations to increase user satisfaction and application loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, M.T., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, System Usability Scale, User Experience, User Interface, Viu, Tampilan Antarmuka, Pengalaman Pengguna
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Alif Wisnu Pramudya
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:08
Last Modified: 07 Aug 2025 04:08
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item
View Item