PENULISAN CERITA KOLABORASI DALAM PERBEDAAN PADA FILM ANIMASI GEMERLAP LANGIT DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR NARASI 3 BABAK

Almarado, Bimbo (2025) PENULISAN CERITA KOLABORASI DALAM PERBEDAAN PADA FILM ANIMASI GEMERLAP LANGIT DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR NARASI 3 BABAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENULISAN CERITA KOLABORASI DALAM PERBEDAAN PADA FILM ANIMASI GEMERLAP LANGIT DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR NARASI 3 BABAK] Text (PENULISAN CERITA KOLABORASI DALAM PERBEDAAN PADA FILM ANIMASI GEMERLAP LANGIT DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR NARASI 3 BABAK)
Laporan Tugas Akhir - Bimbo Almarado Preleminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT
The animated film "Gemerlap Langit" was created as an educational medium for children aged 6–10 to introduce the value of cross-cultural collaboration between Betawi and Chinese ethnic groups. Using a three-act narrative structure, the film tells the story of Jono and Kevin’s friendship, which is tested during a lantern- making project for the Cap Go Meh festival, but ultimately resolved through teamwork. This study used a mixed-methods approach including observation, interviews with 15 children, and a post-screening questionnaire. Results showed that all respondents had collaborated with peers from different backgrounds, though most were unfamiliar with Cap Go Meh. Story satisfaction reached 88%, with 100% of participants agreeing that the film effectively conveyed messages of tolerance. These findings affirm "Gemerlap Langit" as an effective medium for cultural literacy through animation.

ABSTRAK
Film animasi "Gemerlap Langit" dibuat sebagai media edukasi anak usia 6–10 tahun untuk mengenalkan nilai kolaborasi lintas budaya antara etnis Betawi dan Tionghoa. Menggunakan struktur narasi tiga babak, film ini mengisahkan persahabatan Jono dan Kevin yang sempat berkonflik saat membuat lampion untuk festival Cap Go Meh, namun akhirnya bekerja sama. Penelitian menggunakan metode campuran berupa observasi, wawancara terhadap 15 anak, dan kuesioner pasca-penayangan. Hasil menunjukkan 100% responden pernah bekerja sama dengan teman berbeda latar belakang, namun sebagian besar belum memahami Cap Go Meh. Tingkat kepuasan cerita mencapai 88%, dan seluruh responden menyatakan pesan toleransi tersampaikan dengan baik. Temuan ini menegaskan bahwa "Gemerlap Langit" efektif sebagai media literasi budaya melalui animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Antonius Edi Widiargo, S.Kom., M.T., sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Cultural Collaboration, Cap Go Meh, Betawi, Chinese-Indonesian, Animated Film, Three-Act Narrative, Kolaborasi Budaya, Cap Go Meh, Betawi, Tionghoa, Film Animasi, Narasi Tiga Babak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Bimbo Almarado
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:46
Last Modified: 07 Aug 2025 04:46
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item
View Item