Setiawati, Setiawati (2025) Penulisam Naskah Buku Anak “Aku, Si Semangka Segar” Dengan Pendekatan Edukatif Dan Interaktif. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Penulisam Naskah Buku Anak “Aku, Si Semangka Segar” Dengan Pendekatan Edukatif Dan Interaktif [thumbnail of Penulisam Naskah Buku Anak “Aku, Si Semangka Segar” Dengan Pendekatan Edukatif Dan Interaktif]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR SETIAWATI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (974kB)
Abstract
“Aku, Si Semangka Segar” is an interactive and informative children’s book aimed at readers aged 6 to 8 years. This final project aims to create a nonfiction picture storybook that introduces watermelon in a fun and easy-to-understand way. The writing process follows the five writing stages based on Trimansyah’s theory (2020), namely prewriting, drafting, revising, editing, and publishing. Data were collected through literature studies and questionnaires distributed to target readers and their companions. The results of the questionnaire provide an overview of the children’s interest in the content, book format, and interactive elements. Additionally, the collected data served as a reference in developing the book’s content and activities. The outcome of this project is a nonfiction storybook that not only delivers information but also encourages interaction and reading interest among early readers. This book is expected to become a medium that supports children’s literacy, curiosity, and contextual learning through visual and narrative approaches suited to their developmental stage.
Keywords: manuscript writing, watermelon, interactive, nonfiction, educational
“Aku, Si Semangka Segar” merupakan buku anak interaktif dan informatif yang ditujukan bagi pembaca usia 6–8 tahun. Tugas akhir ini bertujuan untuk menciptakan buku cerita bergambar nonfiksi yang memperkenalkan buah semangka dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Proses penulisan mengikuti lima tahapan penulisan berdasarkan teori Trimansyah (2020), yaitu pratulis, menulis draf, merevisi, menyunting, dan menerbitkan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan penyebaran kuesioner kepada target pembaca dan pendampingnya. Hasil kuesioner memberikan gambaran mengenai ketertarikan terhadap konten, format buku, dan elemen interaktif yang disukai anak-anak. Selain itu, data yang diperoleh juga menjadi dasar dalam menyusun isi dan aktivitas dalam buku. Hasil dari proyek ini adalah buku cerita nonfiksi yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mendorong interaksi serta ketertarikan membaca pada anak usia dini. Buku ini diharapkan dapat menjadi media yang mendukung literasi, rasa ingin tahu, dan pembelajaran kontekstual melalui pendekatan visual dan narasi yang sesuai perkembangan anak.
Kata kunci: penulisan naskah, semangka, interaktif, nonfiksi, edukatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ingrid Veronica Kusumawardani, S.S., M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Ratih Widowati, S.H., M.H. sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: manuscript writing, watermelon, interactive, nonfiction, educational Kata kunci: penulisan naskah, semangka, interaktif, nonfiksi, edukatif |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 090 Manuskrip, naskah dan buku langka > 099 Buku-buku berformat khusus |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan |
Depositing User: | Setiawati Setiawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:30 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 02:30 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1745 |