Arrasyid, Avian Quddus (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT TULIS DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT TULIS DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR [thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT TULIS DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_AVIAN QUDDUS ARRASYID_21240201.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis metode drag-and-drop sebagai media interaktif untuk membantu siswa sekolah dasar mengenali nama alat tulis dalam bahasa inggris. Media pembelajaran yang inovatif ini dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui elemen interaktif yang menarik, sehingga pembelajaran kosakata menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode GDLC dengan pendekatan desain berbasis kebutuhan siswa, termasuk analisis kebutuhan, Perancangan game, dan pengujian efektivitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata alat tulis dalam bahasa Inggris secara signifikan, sekaligus memperbaiki minat belajar mereka. Dengan teknologi berbasis Unity dan desain aset menggunakan Adobe Photoshop, game ini berhasil mengintegrasikan elemen visual yang menarik dan fitur interaktif yang mendukung proses pembelajaran yang lebih dinamis.
This research aims to develop an educational game based on drag-and-drop method as an interactive media to help elementary school students recognize stationery names in English. This innovative learning media is designed to increase students' learning motivation through interesting interactive elements, so that vocabulary learning becomes more effective and fun. This research uses the GDLC method with a student needs-based design approach, including needs analysis, game development, and testing its effectiveness.
The results show that the use of this educational game can significantly improve students' understanding of stationery vocabulary in English, as well as improve their interest in learning. With Unity-based technology and asset design using Adobe Photoshop, the game successfully integrates attractive visual elements and interactive features that support a more dynamic learning process
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nofiandri Setyasmara, ST., MT, selaku Dosen Pembimbing I; 2. Nur Rahmansyah, S.Kom., M.Kom, selaku Dosen Pembimbing II; |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Game Edukasi, Drag-and-Drop, Kosakata Bahasa Inggris, Siswa Sekolah Dasar, Media Interaktif Keywords: Educational Game, Drag-and-Drop, English Vocabulary, Elementary School Students, Interactive Media |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Avian Quddus Arrasyid |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:52 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:52 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1746 |