Hidayat, Ilham Taufik (2025) PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI PENGENALAN ALAT – ALAT PENDAKIAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK SISPALA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
![PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI PENGENALAN ALAT – ALAT PENDAKIAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK SISPALA [thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI PENGENALAN ALAT – ALAT PENDAKIAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK SISPALA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA2025_Proyek Akhir_Ilham Taufik Hidayat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Advances in information technology have had a significant impact on the world of education, one of which is through the use of Virtual Reality (VR) as an interactive learning medium. This study aims to design and develop a VR-based educational application called SULPA, which is intended to introduce climbing equipment to members of the SISPALA extracurricular club at SMA Suluh Jakarta. The application is designed to enable students to visually understand basic equipment and survival tools for climbing in a realistic and engaging manner without needing physical access to the tools. The challenge in this study is how to design a VR-based application. To address this challenge, the author employs the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) theory, which includes the following stages: concept, design, content collection, development, testing, and distribution. The application was built using the Unity and Blender platforms and tested on Android devices. The evaluation process was conducted using the Black Box Testing method to ensure the functionality of the application and the System Usability Scale (SUS) to measure the level of usability from the user's perspective. Testing results from 18 Sispala members showed an average score of 74.72, indicating that the application functions well, meets user needs, and achieves usability scores indicating it is suitable for use. The SULPA application is expected to serve as an effective and innovative alternative learning tool for introducing the world of mountaineering to the younger generation.
Keyword : Virtual Reality, Aplikasi Edukasi, MDLC, SISPALA, Alat Pendakian, Android.
Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak besar dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi edukasi berbasis VR bernama SULPA yang ditujukan untuk memperkenalkan alat-alat pendakian kepada anggota ekstrakurikuler SISPALA di SMA Suluh Jakarta. Aplikasi ini dirancang agar siswa dapat memahami perlengkapan dasar hingga alat survival pendakian secara visual, realistis, dan menarik tanpa harus memiliki alat fisik secara langsung. Masalah dalam penulisan ini yaitu bagaimana merancang aplikasi berbasis virtual reality. Untuk mendukung penyelesaian masalah, penulis mengguanakan teori Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi dibangun menggunakan platform Unity dan Blender, serta diujicobakan pada perangkat Android. Proses evaluasi dilakukan menggunakan metode Black Box Testing untuk memastikan fungsionalitas aplikasi dan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kelayakan dari sisi pengguna.Hasil pengujian dari 18 anggota sispala menunjukkan dengan skor rata -rata 74,72 yang menunjukan bahwa aplikasi berjalan dengan baik, memiliki fungsi sesuai kebutuhan, dan mendapatkan nilai usability yang menunjukkan aplikasi ini layak digunakan. Aplikasi SULPA diharapkan menjadi media pembelajaran alternatif yang efektif dan inovatif dalam memperkenalkan dunia pendakian kepada generasi muda.
Kata Kunci: Virtual Reality, Aplikasi Edukasi, MDLC, SISPALA, Alat Pendakian, Android
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1.Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc., sebagai dosen pembimbing 1; 2.Eka Desy Asgawanti, S.S., M.Pd., sebagai dosen pembimbing 2. |
Uncontrolled Keywords: | Realitas Maya, Aplikasi Edukasi, MDLC, SISPALA, Alat Pendakian, Android Virtual Reality, Aplication Education, MDLC, SISPALA, Climbing Equipment, Android |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Ilham Taufik Hidayat |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:31 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:31 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1782 |