PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ”PAHLAWAN LINGKUNGAN” BERBASIS DEKSTOP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR

Al Mukholadun, Wildan (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ”PAHLAWAN LINGKUNGAN” BERBASIS DEKSTOP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Game Edukasi "Pahlawan Lingkungan" Berbasis Dekstop Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar] Text (Pengembangan Game Edukasi "Pahlawan Lingkungan" Berbasis Dekstop Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar)
Tugas Akhir_Wildan Al Mukholadun_21210073 Prelims.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (984kB)

Abstract

The environment is a gift from God that must be preserved, as humans are highly dependent on it. One of the efforts to maintain environmental sustainability is by not littering and sorting waste according to its type. Early education on waste types and management is essential to help children develop lifelong habits in caring for their surroundings. This study aims to develop an educational desktop-based game titled Pahlawan Lingkungan (Environmental Hero), which adopts a simulation genre and is developed using the Game Development Life Cycle (GDLC) method consisting of six stages: initiation, pre-production, production, alpha testing, beta testing, and release. The game is designed to serve as an interactive and enjoyable learning medium to introduce the concept of environmental cleanliness. Testing conducted on 32 respondents aged 9–12 years showed that the game effectively increased their understanding of waste types and sorting. Additionally, the visual design, user interface, and background music were considered attractive and appropriate. Therefore, this game is suitable as a digital learning tool for children.

Lingkungan hidup merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga karena manusia sangat bergantung padanya. Salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan serta melakukan pemilahan sampah sesuai dengan jenisnya. Edukasi sejak usia dini mengenai jenis-jenis sampah dan cara pengelolaannya penting diberikan agar anak-anak terbiasa menjaga lingkungan hingga mereka dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi berbasis desktop berjudul Pahlawan Lingkungan, yang mengusung genre simulasi dan dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri atas enam tahapan: inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian alpha, pengujian beta, dan rilis. Game ini dirancang sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif dalam mengenalkan konsep kebersihan lingkungan. Hasil pengujian terhadap 32 responden anak usia 9–12 tahun menunjukkan bahwa game ini mampu meningkatkan pemahaman tentang jenis dan pemilahan sampah. Selain itu, aspek visual, tampilan antarmuka, serta latar musik dinilai sesuai dan menarik. Dengan demikian, game ini layak dijadikan media pembelajaran digital yang efektif bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom 2. Muh. Sakir, S.Pd., M.T,
Uncontrolled Keywords: Waste sorting, Games, GDLC, Educational Games, Digital learning Pemilahan sampah, Game, GDLC, Game Edukasi, Pembelajaran digital
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Wildan Al Mukholadun
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:36
Last Modified: 14 Aug 2025 03:36
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item
View Item