PENERAPAN ASET 2D BERGAYA CARTOON ART DALAM ‘BORNO: PENJAGA LAUT’ UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN EKOSISTEM LAUT

Surakusuma, Muhammad Rama Rachmat (2025) PENERAPAN ASET 2D BERGAYA CARTOON ART DALAM ‘BORNO: PENJAGA LAUT’ UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN EKOSISTEM LAUT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN ASET 2D BERGAYA CARTOON ART DALAM ‘BORNO: PENJAGA LAUT’ UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN EKOSISTEM LAUT] Text (PENERAPAN ASET 2D BERGAYA CARTOON ART DALAM ‘BORNO: PENJAGA LAUT’ UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN EKOSISTEM LAUT)
Laporan TA_Muhammad Rama_FINAL REVISI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (991kB)

Abstract

This final project aims to apply cartoon art visual style in the creation of 2D assets for an educational game titled Borno: Penjaga Laut (Borno: Guardian of the Sea). The game is designed as an interactive learning medium for children aged 7–12 to raise awareness about the importance of marine ecosystem conservation. The author serves as the game artist responsible for designing characters, environments, UI, and animations, using the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The cartoon style was chosen due to its proven ability to engage children visually and enhance their learning experience. Testing was conducted through alpha and beta stages involving pre-tests, post-tests, and gameplay experience questionnaires for 10 elementary school children. Results show an increase in understanding from 91.42% to 100%, and a gameplay experience index of 99.11%. These findings demonstrate that cartoon art visuals play a significant role in effectively delivering environmental messages in a fun and accessible way for young audiences.

Tugas akhir ini berfokus pada penciptaan aset visual untuk game edukasi 2D Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menerapkan gaya visual cartoon art dalam pembuatan aset 2D pada game edukatif berjudul Borno: Penjaga Laut. Game ini dirancang sebagai media pembelajaran interaktif bagi anak-anak usia 7–12 tahun untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga ekosistem laut. Penulis berperan sebagai game artist yang bertanggung jawab atas perancangan karakter, environment, UI, hingga animasi, dengan pendekatan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Gaya cartoon dipilih karena terbukti lebih mudah dipahami anak-anak serta mampu meningkatkan daya tarik visual dan keterlibatan dalam pembelajaran. Pengujian dilakukan melalui metode alpha dan beta test yang melibatkan pre-test, post-test, serta kuesioner pengalaman bermain terhadap 10 anak SD. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dari 91,42% menjadi 100%, serta indeks pengalaman bermain sebesar 99,11%. Temuan ini membuktikan bahwa visual cartoon art berperan penting dalam menyampaikan pesan pelestarian lingkungan laut dengan cara yang menyenangkan dan efektif untuk anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Hafid Setyo Hadi, M.T. Sebagai dosen pembimbing 1 2. Rido Galih Alief, S.A.B., M.A.B Senagai dosen pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Educational game, cartoon art, marine conservation, 2D game, childern Game edukasi, cartoon art, pelestarian laut, game 2D, anak-anak
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Muhammad Rama Rachmat Surakusuma
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:16
Last Modified: 12 Aug 2025 08:16
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item
View Item