LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN ASET GAME 3D “PAHLAWAN LINGKUNGAN” BERBASIS DESKTOP DENGAN TEKNIK LOW POLY

Athallah, Arik (2025) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN ASET GAME 3D “PAHLAWAN LINGKUNGAN” BERBASIS DESKTOP DENGAN TEKNIK LOW POLY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR  PERANCANGAN ASET GAME 3D “PAHLAWAN LINGKUNGAN”   BERBASIS DESKTOP DENGAN TEKNIK  LOW POLY] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN ASET GAME 3D “PAHLAWAN LINGKUNGAN” BERBASIS DESKTOP DENGAN TEKNIK LOW POLY)
LAPORAN TUGAS AKHIR ARIK ATHALLAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (934kB)

Abstract

Environmental challenges, especially related to waste management, require
awareness to be built from an early age. This research focuses on developing 3D
Visual assets using a Low Poly style for an educational game titled “Pahlawan
Lingkungan” (Environmental Hero), aimed at children aged 9 to 12 years.
Designed for desktop platforms, the game was developed using the Game
Development Life Cycle (GDLC) framework. The author contributed as a 3D artist,
creating characters, environments, and interactive elements for the game. Data was
collected through pre- and post-tests with elementary students, alongside a
questionnaire to measure gameplay experience. Results indicated a notable
increase in students' understanding of proper waste sorting. The Visuals were
considered appealing and age-appropriate, making the game an engaging medium
to promote environmental values through interactive learning.
Keywords: educational game, 3D Visuals, Low Poly, environmental
awareness, children.

Isu lingkungan hidup, khususnya pengelolaan sampah, menjadi perhatian
serius yang perlu dikenalkan sejak dini kepada anak-anak. Penelitian ini bertujuan
untuk menciptakan aset Visual 3D bergaya Low Poly dalam sebuah game edukatif
berjudul “Pahlawan Lingkungan”. Game ini dirancang untuk anak usia 9 sampai 12
tahun dan dimainkan melalui perangkat desktop. Metode pengembangan yang
digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Dalam proyek ini,
penulis berperan sebagai artist 3D yang bertugas membuat karakter, lingkungan,
dan objek interaktif di dalam permainan. Evaluasi dilakukan dengan metode pre
test dan post-test terhadap siswa sekolah dasar, serta penyebaran kuesioner untuk
menilai pengalaman bermain. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan
pemahaman anak terhadap cara memilah sampah yang benar. Aset Visual dalam
game dinilai menarik dan sesuai dengan karakteristik usia anak, serta efektif
menyampaikan pesan edukatif secara menyenangkan dan interaktif.
Kata kunci: game edukatif, Visual 3D, Low Poly, anak-anak, edukasi lingkungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prily Fitria Aziz, M.Kom Sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Muh. Sakir, S.Pd., M.T. Sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Keywords: educational game, 3D Visuals, Low Poly, environmental awareness, children Kata kunci: game edukatif, Visual 3D, Low Poly, anak-anak, edukasi lingkungan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Arik Athallah
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:20
Last Modified: 13 Aug 2025 07:20
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item
View Item