Rahayu Maulita, Sri (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POSTER INFOGRAFIS INTERAKTIF UNTUK MENGURANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN HANDPHONE BAGI PELAJAR SDN TALLO TUA 69 MAKASSAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan media pembelajaran berbasis poster infografis interaktif untuk mengurangi dampak negatif penggunaan handphone bagi pelajar SDN Tallo Tua 69 Makassar [thumbnail of Perancangan media pembelajaran berbasis poster infografis interaktif untuk mengurangi dampak negatif penggunaan handphone bagi pelajar SDN Tallo Tua 69 Makassar]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir (Sri Rahayu).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (812kB)
Abstract
ABSTRACT
This final project discusses the development of interactive infographic- based learning media aimed at enhancing elementary school students' understanding of the negative effects of excessive mobile phone use. The media is designed with an interactive approach, incorporating visual elements, text, and simple simulations to make it more engaging and easier for children to understand. The objective is to provide a comprehensive understanding of the health, social, and academic risks associated with uncontrolled mobile phone usage. The development method used is Research and Development (R&D), which includes the stages of needs analysis, design, testing, and evaluation. The test results show that the media is effective in raising students’ awareness and can be used as an educational tool by both teachers and parents. Therefore, this learning media is expected to help reduce students' dependency on mobile phones while promoting healthier technology usage habits.
ABSTRAK
Tugas akhir ini membahas pengembangan media pembelajaran berbasis infografis interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar tentang dampak negatif penggunaan handphone yang berlebihan. Media ini dirancang dengan pendekatan interaktif menggunakan elemen visual, teks, dan simulasi sederhana agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang risiko kesehatan, sosial, dan akademik akibat penggunaan handphone yang tidak terkontrol. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, uji coba, dan evaluasi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa serta dapat digunakan sebagai alat bantu pendidikan oleh guru dan orang tua. Dengan demikian, media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu mengurangi ketergantungan siswa terhadap handphone sekaligus mendorong kebiasaan penggunaan teknologi yang lebih sehat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ridwan Jamal, S.Sos.,M.M. sebagai Dosen Pembimbing I 2. Ferawaty Syam, S Pd., M.Pd sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Learning media, interactive infographic, negative effects of mobile phones, elementary students Kata kunci: Media pembelajaran, infografis interaktif, dampak negatif handphone, siswa SD |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
Depositing User: | Sri Rahayu Maulita |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:24 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1871 |