RANCANG BANGUN GAME SIMULASI 2D LALU LINTAS DENGAN PERINTAH SUARA MENGGUNAKAN AZURE SPEECH API

Putri Al Fharizkie, Hanjani (2025) RANCANG BANGUN GAME SIMULASI 2D LALU LINTAS DENGAN PERINTAH SUARA MENGGUNAKAN AZURE SPEECH API. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of RANCANG BANGUN GAME SIMULASI 2D LALU LINTAS DENGAN PERINTAH SUARA MENGGUNAKAN AZURE SPEECH API] Text (RANCANG BANGUN GAME SIMULASI 2D LALU LINTAS DENGAN PERINTAH SUARA MENGGUNAKAN AZURE SPEECH API)
LAPORAN TUGAS AKHIR REPOSITORY HANJANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (380kB)

Abstract

ABSTRAK

The development of Artificial Intelligence (AI) has opened new oppurtunities in the field of education, including in traffic safety awareness. This study aims to design a 2D traffic simulation game based on voice commands using the Azure Speech API, targeting children aged 7-10 years. The game is designed to help users understand traffic signs and regulations in a interactive and engaging way. The development method used is the Game Deveopment Life Cycle (GDLC), which consist of initation, pre-production, production, testing, and distribution stages. Test result showed that the game runs well on Android devices and the voice recognition feature is able to accurately recognize user commands. A feasibility test conducted on 17 respondents resulted in a feasibility score 95,8%, which falls into the “very feasible” category. These result indicate that the simulation game is effective as an interactiove learning medium for traffic education
Keywoards : 2D Game, Traffic Simulation, Voice Command, Azure Speech API, GDLC.

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah membuka peluang baru dalam dunia Pendidikan, termasuk dalam pengetahuan tentang keselamatan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan merancang game simulasi 2D lalu lintas berbasis perintah suara menggunakan Azure Speech API untuk usia anak-anak 7-10 tahun. Game dirancang untuk membantu pengguna memahami rambu dan aturan lalu lintas secara interaktif dan menyenangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari tahapan inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian dan distribusi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game berjalan dengan baik pada perangkat Android dan fitur pengenalan suara mampu mengenali perintah dengan akurasi yang cukup tinggi. Uji kelayakan dilakukan pada 17 responden yang menghasilkan kelayakan sebesar 95,8% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil menunjukkan bahwa game simulasi ini efektif sebagai media pembelajaran interaktif berlalu lintas.
Kata Kunci : Game 2D, Simulasi Lalu lintas, Perintah Suara, Azure Speech API, GDLC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Hafid Setyo Hadi, M.T 2. Sari Setyaning Tyas, M.Ti
Uncontrolled Keywords: 2D Game, Traffic Simulation, Voice Command, Azure Speech API, GDLC. Permainan 2D, Simulasi Lalu lintas, Perintah Suara, Azure Speech API, GDLC.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Hanjani Putri Al Fharizkie
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:27
Last Modified: 08 Aug 2025 08:27
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item
View Item