Affandi, Tomi (2025) PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH TAKKALASI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH TAKKALASI [thumbnail of PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH TAKKALASI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir (Tomi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (861kB)
Abstract
Since its establishment, SMA Muhammadiyah Takkalasi has been committed to
providing quality education based on Islamic values in Barru Regency. However,
the school has yet to implement an internal information system that facilitates student access to schedules, grades, information, and administration. This final project aims to design an information system using a UI/UX approach, based on Alan Cooper’s theory which states that the user interface is the point of interaction between users and digital products, involving elements such as buttons, icons, colors, and layout that must be attractive and easy to use. Meanwhile, according to Jesse James Garrett, user experience (UX) consists of five layers: strategy, scope, structure, skeleton, and surface, focusing on the overall user experience. The development process began with data collection through observation, interviews, and literature review, followed by the creation of a UI/UX-based Information System. With this system, SMA Muhammadiyah Takkalasi is expected to enhance its image and foster innovation in the field of education.
Sejak berdiri, SMA Muhammadiyah Takkalasi berkomitmen memberikan
pendidikan berkualitas berbasis nilai Islam di Kabupaten Barru, namun belum
memiliki sistem informasi internal yang mempermudah siswa mengakses jadwal,
nilai, informasi, dan administrasi. Tugas akhir ini bertujuan merancang sistem
informasi dengan pendekatan UI/UX, mengacu pada teori Alan Cooper yang
menyatakan bahwa UI adalah titik interaksi antara pengguna dan produk digital,
dengan elemen-elemen seperti tombol, ikon, warna, dan layout yang harus menarik
dan mudah digunakan. Sementara menurut Jesse James Garrett, UX mencakup lima
lapisan: strategi, cakupan, struktur, kerangka, dan permukaan, yang berfokus pada pengalaman pengguna. Proses pengembangan dimulai dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka, dilanjutkan dengan pembuatan Sistem Informasi berbasis UI/UX. Dengan sistem ini, SMA Muhammadiyah
Takkalasi diharapkan dapat meningkatkan citra dan inovasi dalam dunia Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. M.DJAZMAN ADDIN SURYANA, S.Si., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing I; 2. ARYSESPAJAYADI, S.T, M.T. sebagai Dosen Pembimbing II; |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: UI/UX, School Technology Innovation, Interface Design, Digital Education Kata Kunci: UI/UX, Inovasi Teknologi Sekolah, Desain Antarmuka,Pendidikan Digital |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
Depositing User: | Tomi Affandi |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:28 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:28 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1878 |