Eka Putra Sriyanto, Ilham (2025) REPOSITORY_LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN KARAKTER MENGGUNAKAN POLYGON MODELING PADA FILM ANIMASI “KACAMATA SUPER” UNTUK MEMBENTUK AKHLAK REMAJA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![REPOSITORY_LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN KARAKTER MENGGUNAKAN POLYGON MODELING PADA FILM ANIMASI “KACAMATA SUPER” UNTUK MEMBENTUK AKHLAK REMAJA [thumbnail of REPOSITORY_LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN KARAKTER MENGGUNAKAN POLYGON MODELING PADA FILM ANIMASI “KACAMATA SUPER” UNTUK MEMBENTUK AKHLAK REMAJA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REPOSITORY_LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN KARAKTER MENGGUNAKAN POLYGON MODELING PADA FILM ANIMASI “KACAMATA SUPER” UNTUK MEMBENTUK AKHLAK REMAJA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (846kB)
Abstract
ABSTRAK
Proyek ini bertujuan menciptakan karakter 3D untuk film animasi "Kacamata Super" dengan menggunakan metode polygon modeling. Film ini mengangkat isu sosial tentang ketergantungan terhadap teknologi dan pentingnya nilai kejujuran serta kerja keras pada remaja. Teknik polygon modeling dipilih karena efisien, mudah dikontrol, dan sesuai dengan pipeline animasi industri. Karakter dirancang bergaya semi-realistis dengan anatomi humanoid agar mudah diterima oleh penonton. Hasil modeling difokuskan pada topologi wajah untuk mendukung ekspresi saat animasi. Proses ini dilakukan menggunakan software Blender. Hasilnya menunjukkan bahwa polygon modeling efektif dalam menciptakan karakter edukatif yang mampu menyampaikan pesan moral kepada audiens remaja.
Kata kunci: Polygon Modeling, Karakter 3D, Animasi Edukatif, Akhlak Remaja, Blender
ABSTRACT
This project aims to create 3D characters for the animated film "Kacamata Super" using the polygon modeling method. This film raises social issues about dependence on technology and the importance of honesty and hard work for teenagers. The polygon modeling technique was chosen because it is efficient, easy to control, and fits the industrial animation pipeline. The characters are designed in a semi-realistic style with humanoid anatomy to be easily understood by the audience. The modeling results focused on facial topology to support expressions during animation. This process was carried out using Blender software. The results show that polygon modeling is effective in creating educational characters that are able to convey moral messages to teenage audiences.
Keywords: Polygon Modeling, 3D Character, Educational Animation, Teen Morality, Blender
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Muhammad Suhaili, S.E., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Ilham Khalid Setiawan, S.T., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Polygon Modeling, Karakter 3D, Animasi Edukatif, Akhlak Remaja, Blender Keywords: Polygon Modeling, 3D Character, Educational Animation, Teen Morality, Blender |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Ilham Eka Putra Sriyanto |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:18 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:18 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1898 |