PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH TAHUN

P Hutapea, Wahyu (2024) PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH TAHUN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH TAHUN] Text (PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH TAHUN)
Wahyu P Hutapea_20700073_DVD (1)-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (581kB)

Abstract

ABSTRACT
In mixed marketing, price is an element that generates revenue. Facilities can be
considered as physical resources used to facilitate operations before the service is
delivered to the consumer. Satisfaction is a feeling of happiness or disappointment arising
from comparing performance or product outcomes with expectations. The purpose of this
research is to find out the impact of prices and facilities on the satisfaction of visitors at
TMII. The population of this study is 2023 visitors, with 100 respondents. The methods
used are validity tests, rehabilitation tests, descriptive statistical analysis, and double
linear regression. The results of the study show that it can be seen that the obtained
number F counts >f table, or 1.086 > 3.09, with a significance of 0.342 greater than 5%.
Then obtain H0 accepted and H1 rejected; this means that there is no influence between
independent variables (price and facilities) on the variable dependent on visitor
satisfaction.
Key Word : Price, Facilities, And Visitor Satisfaction
ABSTRAK
Dalam bauran pemasaran, harga merupakan unsur yang menimbulkan revenue. Fasilitas
dapat dianggap sebagai sumber daya fisik yang digunakan untuk memudahkan
operasional sebelum layanan disampaikan kepada konsumen. Kepuasan adalah perasaan
bahagia atau kecewa yang timbul dari perbandingan kinerja atau hasil produk dengan
harapan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga dan fasilitas terhadap
kepuasan pengunjung di TMII. Populasi penelitian ini adalah pengunjung tahun 2023
dengan 100 responden. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Metode yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, analisis statistik deskriptif,
dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dapat dilihat bahwa diperoleh
angka F hitung >f tabel atau 1.086 > 3,09 dengan signifikansi 0,342 lebih besar 5%. Maka
didapatkan H0 diterima dan H1 ditolak, hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh antara
variabel independen (Harga dan Fasilitas) terhadap variabel dependen Kepuasan
Pengunjung.
Kata Kunci: Harga, Fasilitas, dan Kepuasan Pengunjung

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Mariah Ulfah Catur Afriasih, S.Pd,MM, dosen pembimning I Asriadi Masnar, S.Gz., M.Sc. sebagai dosen pembimbing II
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:45
Last Modified: 17 Feb 2025 02:45
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item
View Item