PENGEMBANGAN E-MODUL PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY

ALIFIANO PUTRA, BAGUS (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODUL PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY)
LAPORAN TUGAS AKHIR PENGEMBANGAN E MODUL PENDAMPINGAN MITRA UMKM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MITRA UMKM MAYNA LAUD~1-1-13 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (972kB)

Abstract

This research aims to develop a digital assistance module to enhance the brand
awareness of Mayna Laundry, an SME. In today's digital era, this module serves
not only as a general guide but also provides concrete and directed assistance to
tackle technological and digitalization challenges. The module is designed to be
comprehensive and is expected to improve the competitiveness and sales of Mayna
Laundry through effective digital strategy implementation. The approach used in
this research is the 4-D model, consisting of four stages: Define, Design, Develop,
and Disseminate. The Define stage involves a needs analysis to Front end analysis,
Learner Analysis, Task Analysis, Concept Analysis, Specifying Instructional
Analysis understand the problems faced by the UMKM and formulate research
objectives. The Design stage includes the preparation of materials and product
design that are coherent and functional. The Develop stage involves product
creation based on the formulated design, expert assessment, revisions, and testing.
The Disseminate stage is the distribution of the product to the target users to ensure
maximum impact. With this module, it is hoped that Mayna Laundry can maximize
existing market opportunities and overcome the limitations in brand awareness
knowledge that they have faced so far.
Keywords: UMKM, Mayna Laundry, and Brand Awareness.
Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pendampingan digital untuk
meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) UMKM Mayna Laundry.
Dalam era digital saat ini, modul tersebut tidak hanya berfungsi sebagai panduan
umum tetapi juga memberikan bantuan yang konkret dan terarah untuk mengatasi
tantangan teknologi dan digitalisasi. Modul ini dirancang untuk menjadi panduan
yang komprehensif dan diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta penjualan
Mayna Laundry melalui penerapan strategi digital yang efektif. Pendekatan yang
digunakan dalam kajian ini adalah model 4-D, yang terdiri dari empat tahapan:
Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap Define melibatkan berbagai
analisis seperti Front end analysis, Learner Analysis, Task Analysis, Concept
Analysis, Specifying Instructional Analysis untuk memahami masalah yang
dihadapi oleh UMKM dan merumuskan tujuan kajian. Tahap Design mencakup
penyusunan materi dan desain produk yang koheren dan fungsional. Tahap Develop
melibatkan pembuatan produk berdasarkan desain yang telah dirumuskan,
penilaian oleh para ahli, revisi, dan uji coba. Tahap Disseminate adalah penyebaran
produk kepada target pengguna untuk memastikan dampak maksimal. Dengan
adanya modul ini, diharapkan Mayna Laundry dapat memaksimalkan peluang pasar
yang ada dan mengatasi keterbatasan pengetahuan tentang brand awareness yang
selama ini mereka hadapi.
Kata Kunci: UMKM, Mayna Laundry, and Brand Awareness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Swastono Putro Pirastyo, S.Par,M.Par., Dosen Pembimbing 1 Liza Amalia Putri, SS., M.A., Dosen Pembimbing 2
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:42
Last Modified: 17 Feb 2025 03:42
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item
View Item