EFEKTIVITAS PROGRAM PENDAMPINGAN MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

NUR ZAKILA, MAURA (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM PENDAMPINGAN MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PROGRAM PENDAMPINGAN MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PENDAMPINGAN MITRA UMKM MAYNA LAUNDRY DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS)
2. TUGAS AKHIR-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (923kB)

Abstract

ABSTRACT
The background of this research is Mayna Laundry's limited knowledge about brand
awareness, so the mentoring program is carried out so that Mayna Laundry is
monitored in following the module as a guide. The problem in this study is the
effectiveness of the Mayna Laundry MSME partner mentoring program in increasing
brand awareness and the goal is to determine the effectiveness of the Mayna Laundry
MSME partner mentoring program in increasing brand awareness. The method used is
descriptive quantitative with a one group pretest-posttest pre-experiment design, data
obtained by observation, interviews, literature studies and questionnaires (pre-test and
post-test), the sample involves all Mayna Laundry employees. The results showed a
significant increase in employee understanding of brand awareness, with an average
pre-test score of 61 increasing to 91 in the post-test, as well as a mean N-Gain
percentage value of 75.94% indicating effective and a mean N-Gain value of 0.76
indicating high understanding. Therefore, it can be said that the mentoring program is
effective with a high understanding of brand awareness.
Keywords: effectiveness, mentoring program, brand awareness, Mayna Laundry.
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan pengetahuan Mayna Laundry tentang
brand awareness maka program pendampingan dilakukan agar Mayna Laundry
terpantau dalam mengikuti modul sebagai panduannya. Masalah dalam penelitian ini
adalah efektivitas program pendampingan mitra UMKM Mayna Laundry dalam
meningkatkan brand awareness dan tujuannya untuk mengetahui efektivitas program
pendampingan mitra UMKM Mayna Laundry dalam meningkatkan brand awareness.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain pra-eksperimen one
group pretest-posttest, data yang diperoleh observasi, wawancara, studi literatur dan
kuesioner (pre-test dan post-test) sampel melibatkan seluruh karyawan Mayna Laundry.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman
karyawan tentang brand awareness, dengan nilai rata-rata pre-test 61 meningkat
menjadi 91 pada post-test, serta nilai mean persentase N-Gain 75,94% menunjukkan
efektif dan nilai mean N-Gain 0,76 menunjukan pemahaman yang tinggi. Maka dari itu
dapat dikatakan program pendampingan efektif dengan pemahaman yang tinggi tentang
brand awareness.
Kata kunci: efektivitas, program pendampingan, brand awareness, Mayna Laundry

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Miss Liza Amalia Putri, SS., M.A., selaku Dosen Pembimbing I Ibu Fristi Bellia Annishia, S.KM., M.Par., M.M.,selaku Pembimbing II
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:20
Last Modified: 17 Feb 2025 07:20
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item