Ayu Qoirunnissa, Jefandra (2025) ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA (UX) DAN PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA PENGGUNA (UI) PADA APLIKASI IPUSNAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN UX. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA (UX) DAN PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA PENGGUNA (UI) PADA APLIKASI IPUSNAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN UX [thumbnail of ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA (UX) DAN PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA PENGGUNA (UI) PADA APLIKASI IPUSNAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN UX]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary Skripsi_Jefandra Ayu Qoirunnissa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Keterbatasan akses terhadap perpustakaan menjadi salah satu penyebab rendahnya minat baca masyarakat. Aplikasi iPusnas merupakan perpustakaan digital yang diciptakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai buku dan koleksi digital lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna serta melakukan perancangan ulang pada antarmuka aplikasi iPusnas guna meningkatkan kualitas serta kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lean UX dengan tahapan Think, Make, dan Check. Evaluasi usability dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk membandingkan pengalaman pengguna sebelum dan setelah perancangan ulang. Hasil penelitian ini berupa protoype interaktif yang diharapkan dapat membantu pihak terkait dalam meningkatkan kualitas aplikasi iPusnas.
Kata Kunci: Antarmuka Pengguna (UI), Pengalaman Pengguna (UX), iPusnas, Lean UX, System Usability Scale (SUS)
ABSTRACT
Limited access to libraries is one of the causes of low interest in reading. The iPusnas application is a digital library created by the National Library of the Republic of Indonesia to facilitate the public in accessing various books and other digital collections. This research aims to analyse user experience and redesign the iPusnas application interface to improve quality and user satisfaction. The method used in this research is Lean UX with the stages of Think, Make, and Check. Usability evaluation was conducted using the System Usability Scale (SUS) to compare user experience before and after redesign. The result of this research is an interactive prototype that is expected to help related parties in improving the quality of the iPusnas application.
Keywords: User Interface (UI), User Experience (UX), iPusnas, Lean UX, System Usability Scale (SUS)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom., sebagai Pembimbing I 2. Eka Desy Asgawanti, S.S., M.Pd., sebagai Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Antarmuka Pengguna (UI), Pengalaman Pengguna (UX), iPusnas, Lean UX, System Usability Scale (SUS), User Interface (UI), User Experience (UX) |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Jefandra Ayu Qoirunnissa |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:48 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:48 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2107 |