Abdurozaq Zulfa, Muhamad (2024) TEKNIK MODELLING SCULPTING SEBAGAI KUNCI REALISASI KONSEP DESAIN DALAM FILM FABEL ANAK - ANAK. Diploma thesis, Politeknik Media Kreatif Jakarta.
![LAPORAN TUGAS AKHIR [thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FINAL_YUDISIUM-Muhamad Abdurrozaq Zulfa Revisi Setelah Sidang Fix Repisitory.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (839kB)
Abstract
ABSTRACT
This research focuses on the importance of modelling techniques, particularly 3D modelling and sculpting, in realising the design concept for a children's fable film entitled ‘Nightchase’. Modelling techniques are key in creating characters and visual environments that are interesting and easily understood by young audiences. By combining traditional modelling and digital sculpting methods, this study explores how both approaches are able to present visual details that support the development of stories and characters in the fable world.
This study uses a descriptive approach with analysis of the design process and implementation of modelling techniques in the creation of characters and visual elements for ‘Nightchase’. Data was obtained through practical experiments, literature review, and in-depth observation of the final results of the various modelling techniques used.
The results show that the combination of modelling and sculpting techniques can produce more vibrant and dynamic visuals. This not only provides a strong aesthetic experience, but also reinforces the message of the story. These techniques allow designers to bring design concepts to life, create characters with unique characteristics, and convey story elements more effectively to children.
Penelitian ini berfokus pada pentingnya teknik modelling, khususnya modelling 3D dan sculpting, dalam merealisasikan konsep desain untuk film fabel anak-anak berjudul "Nightchase". Teknik modelling menjadi kunci dalam menciptakan karakter dan lingkungan visual yang menarik serta mudah dipahami oleh audiens muda. Dengan memadukan metode modelling tradisional dan sculpting digital, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kedua pendekatan tersebut mampu menghadirkan detail visual yang mendukung pengembangan cerita dan karakter di dunia fabel.
Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis terhadap proses desain dan implementasi teknik modelling dalam pembuatan karakter dan elemen visual untuk "Nightchase". Data diperoleh melalui eksperimen praktis, tinjauan pustaka, serta observasi mendalam terhadap hasil akhir dari berbagai teknik modelling yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi teknik modelling dan sculpting mampu menghasilkan visual yang lebih hidup dan dinamis. Hal ini tidak hanya memberikan pengalaman estetika yang kuat, tetapi juga memperkuat pesan cerita. Teknik ini memungkinkan desainer untuk menghidupkan konsep desain, menciptakan karakter dengan ciri khas unik, serta menyampaikan elemen cerita dengan lebih efektif kepada anak-anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Zainul Hakim, M.Pd.I. ; 2. Bayu Saputra,S. Komp. |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Nightchase, Modelling Technique, Sculpting, 3D Design, Fable Movie, Children. Kata Kunci: Nightchase, Teknik Modelling, Sculpting, Desain 3D, Film Fabel, Anak- Anak. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Muhamad Abdurrozaq Zulfa |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:36 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:36 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2135 |