Gibran Herdian, Haikal (2025) PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @info.pgv. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @info.pgv [thumbnail of PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @info.pgv]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR HAIKAL GIBRAN HERDIAN FIX (2)_compressed-1-12.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (495kB)
Abstract
ABSTRAK
Judul : PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @info.pgv
Pembimbing 1 : Dr. Erlan Saefuddin, M. M,Hum
Pembimbing 2 : Naldo, M.Si
This writing discusses the strategy for designing content on the Instagram account @info.pgv as an effort to increase engagement on Instagram @info.pgv, an integrated residential area developed by PT Agung Podomoro Land Tbk. The main problems raised include inconsistent content uploads, content that does not follow trends, and visual guidelines that are still not arranged in the content of the Instagram account @info.pgv. This writing method uses a qualitative descriptive approach with observation and literature study techniques. The content strategy is designed through trend analysis, preparing a content plan, creating visual content (reels, feeds), and consistently implementing visual guidelines. The results show an increase in account performance, such as follower growth of 53.1%, increased engagement, and an increase in profile activity of 7.6% in two months. Content with a visual, educational storytelling style and a light approach has been proven to be more effective in reaching audiences. This writing concludes that content that is designed appropriately, according to trends and characteristics of the target audience, can make a big contribution to increasing engagement on social media, especially Instagram.
Keywords: content design, Instagram, Podomoro Golf View, engagement
Penulisan ini membahas strategi perancangan konten pada akun Instagram @info.pgv sebagai upaya untuk meningkatkan engagement instagram @info.pgv, kawasan hunian terpadu yang dikembangkan oleh PT Agung Podomoro Land Tbk. Masalah utama yang diangkat meliputi unggahan konten yang tidak konsisten, Isi konten yang tidak mengikuti trend, dan Visual guideline yang masih belum tertata pada konten akun Instagram @info.pgv. Metode penulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan studi pustaka. Strategi konten dirancang melalui analisis tren, penyusunan content plan, pembuatan konten visual (reels, feeds), hingga penerapan visual guideline yang konsisten. Hasilnya menunjukkan peningkatan performa akun, seperti pertumbuhan followers sebesar 53,1%, peningkatan engagement, serta naiknya aktivitas profil sebesar 7,6% dalam kurun dua bulan. Konten dengan gaya storytelling visual, edukatif, dan pendekatan ringan terbukti lebih efektif menjangkau audiens. Penulisan ini menyimpulkan bahwa konten yang dirancang dengan tepat, sesuai dengan tren dan karakteristik target audiens, dapat berkontribusi besar dalam meningkatkan engagement di media sosial khususnya instagram
.Kata Kunci: perancangan konten, Instagram, Podomoro Golf View, engagement
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Erlan Saefudin, S.S., M.Hum. sebagai pembimbing I Naldo, M.Si sebagai pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: content design, Instagram, Podomoro Golf View, engagement Kata Kunci: perancangan konten, Instagram, Podomoro Golf View, engagement |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Haikal Gibran Herdian |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 06:38 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 06:38 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2159 |