PERANCANGAN DESAIN KARAKTER PADA ANIMASI “LITTLE FIREFLY” DALAM MENYAMPAIKAN PESAN MORAL JANGAN MENILAI DARI PENAMPILAN

Oktapia, Dea (2025) PERANCANGAN DESAIN KARAKTER PADA ANIMASI “LITTLE FIREFLY” DALAM MENYAMPAIKAN PESAN MORAL JANGAN MENILAI DARI PENAMPILAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN KARAKTER PADA ANIMASI “LITTLE FIREFLY” DALAM MENYAMPAIKAN PESAN MORAL JANGAN MENILAI DARI PENAMPILAN] Text (PERANCANGAN DESAIN KARAKTER PADA ANIMASI “LITTLE FIREFLY” DALAM MENYAMPAIKAN PESAN MORAL JANGAN MENILAI DARI PENAMPILAN)
PERANCANGAN DESAIN KARAKTER PADA ANIMASI “LITTLE FIREFLY” DALAM MENYAMPAIKAN PESAN MORAL JANGAN MENILAI DARI PENAMPILAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB)

Abstract

This final project discusses the character design process in the 2D animated film Little Firefly, which aims to convey the moral message “do not judge based on appearance.” The object of this project is the creation of four main characters—Sparkle, Ray, Olly, and Edy—designed using visual strategies that emphasize character traits and narrative roles. The research applies the method of Alma M. Hawkins, which consists of three stages: exploration, improvisation, and realization. Supporting theories include shape language and color psychology. Rounded forms are used for friendly characters such as Sparkle, while angular shapes are applied to firmer characters such as Ray. Bright color schemes and a lineless visual style are used to create a soft and approachable appearance, especially for the target audience of children aged 7–14. Through appropriate use of form, color, and style, each character helps reinforce the moral message visually. This animation is expected to support educational and moral values through an effective visual medium.

Tugas akhir ini membahas proses perancangan desain karakter dalam film animasi 2D “Little Firefly” yang bertujuan menyampaikan pesan moral “jangan menilai dari penampilan.” Objek dari tugas akhir ini adalah pembuatan empat karakter utama, yaitu Sparkle, Ray, Olly, dan Edy, yang dirancang menggunakan strategi visual untuk menekankan sifat karakter dan peran naratif dalam cerita. Penelitian ini menggunakan metode Alma M. Hawkins yang terdiri dari tiga tahap, yaitu eksplorasi, improvisasi, dan perwujudan. Teori pendukung yang digunakan meliputi shape language dan psikologi warna. Bentuk lingkaran digunakan untuk karakter yang ramah seperti Sparkle, sementara bentuk bersudut diterapkan pada karakter seperti Ray yang lebih kaku dan tegas. Pemilihan warna cerah dan gaya visual lineless diterapkan untuk menciptakan kesan lembut dan mudah diterima oleh anak-anak usia 7–14 tahun sebagai target penonton. Melalui penerapan bentuk, warna, dan gaya yang tepat, tiap karakter memperkuat penyampaian pesan moral secara visual. Dengan adanya animasi ini, diharapkan desain karakter dalam “Little Firefly” dapat mendukung nilai edukatif dan komunikasi moral secara efektif melalui media visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Zainul Hakim, M.Pd.I, sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Ahmad Ariefiantoro K, sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Character Design, 2D Animation, Moral Message, Shape Language, Color Psychology, Desain Karakter, Animasi 2D, Pesan Moral, Shape Language, Psikologi Warna
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Dea Oktapia
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:09
Last Modified: 12 Aug 2025 07:09
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item
View Item