Ananda, Saskia Adelina (2024) PERAN PENULIS NASKAH DALAM RANCANGAN PEMBUATAN NASKAH STRUKTUR TIGA BABAK PADA PROGRAM LIVE DRAMA PERTUNJUKAN “MENGUKIR KEMENANGAN”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERAN PENULIS NASKAH DALAM RANCANGAN PEMBUATAN NASKAH STRUKTUR TIGA BABAK PADA PROGRAM LIVE DRAMA PERTUNJUKAN “MENGUKIR KEMENANGAN” [thumbnail of PERAN PENULIS NASKAH DALAM RANCANGAN PEMBUATAN NASKAH STRUKTUR TIGA BABAK PADA PROGRAM LIVE DRAMA PERTUNJUKAN “MENGUKIR KEMENANGAN”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Saskia Adelina Ananda Laporan Penulisan-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Setiap drama pasti menggunakan gerak dan aksi yang menuntun lakon.
Lebih lanjut, (Endraswara, Suwardi, 2014) mengungkapkan bahwa kata
kunci dari drama adalah gerak. Saat ini program televisi drama sudah sangat
jarang yang mengangkat tema sejarah dikarenakan kurangnya minat
penonton pada sejarah. Hal ini dibuktikan oleh survei yang dilakukan oleh
databoks 45,7% orang paling sering nonton acara hiburan seperti drama dan
hanya 7,9% yang menonton Pendidikan dan pengetahuan seperti sejarah.
Tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui Peran penulis naskah dalam
alih wahana buku “Keumalahayati” dalam naskah program live pertunjukan
“Mengukir kemenangan”. Metode penulisan ini menggunakan metode
penulisan deskriptif dengan melalui observasi dan studi Pustaka untuk
mendapatkan semua informasi yang bersangkutan dengan tema. Kreatif atau
penulis naskah adalah orang yang bertugas mencari ide, mengumpulkan
fakta dan daya, menuangkan dalam bentuk konsep, naskah, rundown dan
mendampingi pengisi acara dalam pelaksanaan produksi. Penulis naskah
juga bertugas dalam menuangkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk
tulisan (Latief & Utud, 2015:128). Penulis yang berperan sebagai penulis
naskah akan menerapkan alih wahana dan struktur tiga babak dalam naskah
program tersebut. Diharapkan program ini dapat menaikkan minat
masyarakat terhadap sejarah dan memberikan informasi terhadap tokoh
sejarah.
Every drama must use movement and action that guides the play.
Furthermore, (Endraswara, Suwardi, 2014) revealed that the keyword of
drama is movement. Currently, drama television programs are very rare to
raise the theme of history due to the lack of audience interest in history. This
is evidenced by a survey conducted by databoks 45.7% of people most often
watch entertainment programs such as drama and only 7.9% watch
Education and knowledge such as history. The purpose of this writing is to
determine the role of the scriptwriter in the transfer of the book
"Keumalahayati" into the live program script "Mengukir Kemenangan".
This writing method uses a descriptive writing method through observation
and library studies to obtain all information related to the theme. Creative
or scriptwriters are people who are tasked with finding ideas, collecting
facts and power, pouring them into concepts, scripts, rundowns and
accompanying the performers in the implementation of production. The
scriptwriter is also tasked with pouring his thoughts and feelings into
writing (Latief & Utud, 2015:128). The writer who acts as the scriptwriter
will apply the transfer of the vehicle and the three-act structure in the
program script. It is hoped that this program can increase p
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dosen pembimbing I : Syahyuni Srimayasandy, S.Sn., M.A. ; 2. Dosen pembimbing II : Dony Ahmad, M.I.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Program Drama, Penulis Naskah, Struktur tiga babak, Drama Program, Scriptwriter, Three-act structure |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 08:29 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 08:29 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/218 |