Sofarina, Salma (2025) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNTUK MEMBANGUN KONSISTENSI DAN CITRA MEREK YANG KUAT PADA NEEDTU COFFEE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNTUK MEMBANGUN KONSISTENSI DAN CITRA MEREK YANG KUAT PADA NEEDTU COFFEE [thumbnail of PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNTUK MEMBANGUN KONSISTENSI DAN CITRA MEREK YANG KUAT PADA NEEDTU COFFEE]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_B_25_SALMA SOFARINA_laporan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
The raised of the culinary industry especially in the food and beverage sector particularly coffee has highlighted the importance of a consistent visual identity that is easily recognizable by consumers. As a local coffee brand, Needtu Coffee requires a visual identity system to build consistency and a strong, competitive brand image. This design aims to create a visual identity through the creation of a logo. This design applies a qualitative descriptive research method with data collection techniques in the form of observation, literature study, and interviews with the owner of Needtu Coffee. The author compiled mind maps, mood boards, and visual references as the basis for the design. The design results are in the form of visual identity in the form of a logo, which is outlined in a 56-page Graphic Standard Manual (GSM). This design is expected to emphasize the importance of a targeted and consistent visual identity system and promotional media, in order to optimally convey the image of Needtu Coffee so that it appears more competitive and easily recognizable in the local coffee market.
Keywords: Graphic Standard Manual, Visual Identity, Coffee Shop
Perkembangan industri kuliner khususnya di bidang makanan dan minuman terutama kopi mendorong pentingnya sebuah identitas visual yang konsisten dan mudah dikenali oleh konsumen. Sebagai salah satu merek lokal kopi, Needtu Coffee memerlukan sistem identitas visual untuk membangun konsistensi dan citra merek yang kuat dan berdaya saing. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual melalui pembuatan logo. Perancangan ini menerapkan metode penelitian deskriptif kulaitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi litelatur dan wawancara bersama pemilik Needtu Coffee. Penulis menyusun mindmapping, moodboard, pengumpulan referensi visual sebagai landasan desain. Hasil perancangan berupa identitas visual dalam bentuk logo yang dituang dalam Graphic Standard Manual (GSM) sebanyak 56 halaman. Dengan perancangan ini diharapkan dapat menegaskan pentingnya sistem identitas visual dan media promosi yang terarah dan konsisten, guna menyampaikan citra Needtu Coffee secara optimal agar tampil lebih kompetitif dan mudah dikenali di pasar kopi lokal.
Kata Kunci: Graphic Standard Manual, Identitas Visual, Coffee Shop
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Andriyana, S.Pd., M.Pd. Sebagai Pembimbing I 2. Muhammad Ridwan Ario Bimo, M.Sn. Sebagai Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Graphic Standard Manual, Identitas Visual, Coffee Shop |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Salma Sofarina |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:24 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:24 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2202 |