Pramudya, Collin (2025) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PERSPEKTIF GAMBAR TERHADAP ASSET ANIMASI 3D PADA FILM ANIMASI “KILA : LUCKY BOOK”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PERSPEKTIF GAMBAR TERHADAP ASSET ANIMASI 3D PADA FILM ANIMASI “KILA : LUCKY BOOK” [thumbnail of PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PERSPEKTIF GAMBAR TERHADAP ASSET ANIMASI 3D PADA FILM ANIMASI “KILA : LUCKY BOOK”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PRELIMS PRAMUDYA ABEL COLLIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (572kB)
Abstract
The purpose of this writing is to assist in creating lightweight 3D animation assets while still achieving optimal results in the production of the animation film "Kila," and to analyze how helpful this technique is until a conclusion is reached regarding the technique used. In this animation film, the author uses a descriptive research method with data collection techniques through literature review and observation of online tutorials. Basically, this technique only uses the rendered images of a 3D object, where the 3D object is usually used as an asset and has a considerable number of vertices, which can slow down the computer's reading process, potentially disrupting other tasks such as animating, lighting scenes, and so on. In this technique, the objects that can be applied in the film "Kila" are 3D background objects, such as trees, spectators, and buildings. This technique can be a solution to the heavy vertex load in a scene.
Keywords: 3D Animation, Asset 3D, 3D Object
Tujuan penulisan ini adalah untuk membantu dalam membuat asset animasi 3D dengan ringan namun hasil yang didapatkan tetap maksimal pada pembuatan film animasi “Kila”, dan menganalisis seberapa membantu dengan menggunakan teknik ini hingga mendapatkan kesimpulan dari teknik yang digunakan. Pada film animasi ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tinjauan Pustaka, observasi wawancara dan materi online. Pada dasarnya teknik ini hanya menggunakan hasil gambar render sebuah object 3D dimana 3D object tersebut yang digunakan sebagai asset dan memiliki ukuran vertex yang cukup banyak sehingga dapat menyebabkan melambatnya proses pembacaan computer, yang berakibat dapat mengganggu proses pengerjaan yang lainnya seperti animating, lightning scene dan sebagainya. Pada teknik ini object yang dapat dilakukan/diaplikasikan pada film “Kila” berupa object 3D latar belakang, seperti pohon, penonton, dan Gedung, teknik ini bisa jadi solusi dalam mengatasi beratnya vertex pada sebua scene.
Kata Kunci: 3D Animasi, 3D Asset, Objek 3D
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Tri Fajar Yurmama, S.Kom., M.T sebagai dosen pembimbing 1 2. Bayu Saputra, S.Sn sebagai dosen pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | 3D Animation, Asset 3D, 3D Object 3D Animasi, 3D Asset, Objek 3D |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Pramudya Abel Collin |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:26 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2229 |