PEMANFAATAN TEKNIK BLENDSHAPE PADA RIGGING 3D KARAKTER SEEKOR MONYET DALAM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA”

Nurhasanah, Nurhasanah (2025) PEMANFAATAN TEKNIK BLENDSHAPE PADA RIGGING 3D KARAKTER SEEKOR MONYET DALAM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMANFAATAN TEKNIK BLENDSHAPE PADA RIGGING 3D KARAKTER SEEKOR MONYET DALAM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA”] Text (PEMANFAATAN TEKNIK BLENDSHAPE PADA RIGGING 3D KARAKTER SEEKOR MONYET DALAM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA”)
NURHASANAH_21230103_LAPORAN_TUGAS_AKHIR_Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

This study evaluates the application of blendshape and motion graphics in the creation of the motion comic prologue "Melangkah Bersama", with the aim of conveying empathy for long-tailed macaques. Based on a literature review on educational motion comics and visual storytelling theory, this study uses a qualitative, practice-based case study method that includes observation of the creative process, documentation of the production process, and expert validation using the Content Validity Index. The analysis results show that animated visual storytelling and audio-visual synchronization are effective in building emotional pacing. The compositing stage presents a visual dimension with the use of 3D layers, motion blur, virtual cameras, and paper textures. In conclusion, the blendshape and motion graphics techniques can produce communicative and aesthetic animated works. This research provides relevance for animators.
Keywords: facial rigging, blendshape, motion comic, motion graphics, empathetic animation.
Penelitian ini mengevaluasi penerapan blendshape dan motion graphics dalam pembuatan motion comic prolog “Melangkah Bersama”, dengan tujuan menyampaikan empati terhadap monyet ekor panjang. Berdasarkan kajian literatur mengenai motion comic edukatif dan teori storytelling visual, penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus berbasis praktek yang mencakup observasi proses kreatif, dokumentasi proses produksi, dan validasi pakar menggunakan Content Validity Index. Hasil analisis menunjukkan bahwa storytelling visual animasi dan sinkronisasi audio-visual efektif membangun pacing emosional. Tahap compositing menghadirkan dimensi visual dengan penggunaan 3D layer, motion blur, kamera virtual, dan tekstur kertas. Kesimpulannya, teknik blendshape dan motion graphics dapat menghasilkan karya animasi yang komunikatif dan estetis. Penelitian ini memberi relevansi untuk animator.
Kata Kunci: facial rigging, blendshape, motion comic, motion graphics, animasi empati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prily Fitria Aziz S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Antonius Edi Widiargo, S. T., M. I. Kom., sebagai Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Facial Rigging, Blendshape, Motion Comic, Motion Graphics, Empathetic Animation, Animasi Empati.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Nurhasanah Nurhasanah
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:26
Last Modified: 13 Aug 2025 08:26
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item
View Item