PERANCANGAN GAME EDUKASI “CERIA NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK PRA-SEKOLAH TENTANG BUDAYA LOKAL

Hussein Al Rasyid, Vito (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI “CERIA NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK PRA-SEKOLAH TENTANG BUDAYA LOKAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI “CERIA NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK PRA-SEKOLAH TENTANG BUDAYA LOKAL] Text (PERANCANGAN GAME EDUKASI “CERIA NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK PRA-SEKOLAH TENTANG BUDAYA LOKAL)
PERANCANGAN GAME EDUKASI “CERIA NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK PRA-SEKOLAH TENTANG BUDAYA LOKAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (953kB)

Abstract

Ceria Nusantara is an educational game designed for preschool children aged 3 and above to introduce traditional Indonesian clothing. This game was created in response to the declining interest of early childhood in local culture and the excessive use of gadgets for entertainment purposes. Using the Game Based Learning approach and the Game Development Life Cycle method, the game integrates interactive features to enhance children's learning experiences. The game was developed through several phases including initiation, pre-production, production, alpha testing, beta testing, and release. The game content includes puzzle-based gameplay in which players match traditional costumes to characters from different regions in Indonesia. The visual style, voice-over narration, and drag-and-drop interaction were designed to align with the cognitive and emotional characteristics of young children. Testing involving preschool students and educators indicated a high level of acceptance and effectiveness as a digital learning medium. The game successfully combines cultural preservation efforts with enjoyable gameplay.

Ceria Nusantara adalah permainan edukatif yang dirancang untuk anak-anak prasekolah berusia 3 tahun ke atas untuk memperkenalkan pakaian tradisional Indonesia. Permainan ini diciptakan sebagai respons terhadap menurunnya minat anak usia dini terhadap budaya lokal dan penggunaan gawai yang berlebihan untuk tujuan hiburan. Dengan menggunakan pendekatan Game Based Learning dan metode Game Development Life Cycle, permainan ini mengintegrasikan fitur-fitur interaktif untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak. Permainan ini dikembangkan melalui beberapa fase termasuk inisiasi, praproduksi, produksi, pengujian alfa, pengujian beta, dan rilis. Konten permainan mencakup permainan berbasis teka-teki di mana pemain mencocokkan kostum tradisional dengan karakter dari berbagai daerah di Indonesia. Gaya visual, narasi sulih suara, dan interaksi seret dan lepas dirancang untuk menyelaraskan dengan karakteristik kognitif dan emosional anak-anak. Pengujian yang melibatkan siswa prasekolah dan pendidik menunjukkan tingkat penerimaan dan efektivitas yang tinggi sebagai media pembelajaran digital. Permainan ini berhasil menggabungkan upaya pelestarian budaya dengan permainan yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah, S. Pd., M.T. 2. Rido Galih Alief, M. A. B
Uncontrolled Keywords: educational game, traditional clothing, Game Based Learning, early childhood, Indonesian culture, Permainan edukasi, pakaian adat, Game Based Learning, anak usia dini, budaya Indonesia
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Vito Hussein Al Rasyid
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:35
Last Modified: 13 Aug 2025 02:35
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item
View Item