Agam Ramuti, Mufid (2025) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ASMAUL HUSNA PADA MI MIFTAHUL JANNAH BERBASIS MARKER BASED. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ASMAUL HUSNA PADA MI MIFTAHUL JANNAH BERBASIS MARKER BASED [thumbnail of IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ASMAUL HUSNA PADA MI MIFTAHUL JANNAH BERBASIS MARKER BASED]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA_2025_Mufid Agam Ramuti_21240069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh kurangnya minat siswa terhadap metode pembelajaran konvensional yang monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Asma Lense, sebuah aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk mengenalkan Asmaul Husna kepada siswa kelas 5 MI Miftahul Jannah. Pengembangan aplikasi ini menggunakan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi dirancang dengan teknologi marker-based AR untuk menampilkan model 3D Asmaul Husna dan dilengkapi dengan fitur kuis pilihan ganda serta permainan mencocokkan arti Asmaul Husna. Pengujian dilakukan melalui metode black box serta penyebaran kuesioner skala Likert genap kepada 34 siswa. Hasil menunjukkan bahwa semua fitur berjalan dengan baik dan mendapat tanggapan sangat positif dari pengguna, dengan nilai rata-rata sebesar 3,83 dari skala 4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi Asma Lense dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang menyenangkan, visual, dan mampu membantu siswa dalam memahami serta menghafal Asmaul Husna dengan lebih mudah.
The research background is based on students' low interest in traditional learning methods that tend to be monotonous and less engaging. This study aims to develop Asma Lense, an Augmented Reality (AR)-based educational application designed to introduce Asmaul Husna to fifth-grade students at MI Miftahul Jannah. The application was developed using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC), which includes six stages: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. The application employs marker-based AR technology to display 3D models of Asmaul Husna, along with multiple-choice quizzes and a drag-and-drop matching game. Testing was conducted using black box methods and a Likert-scale questionnaire administered to 34 students. The results show that all features function properly and received highly positive responses, with an average score of 3.83 out of 4. The study concludes that Asma Lense can serve as an alternative learning tool that is enjoyable, visual, and capable of helping students understand and memorize Asmaul Husna more effectively.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Cholid Mawardi, S.Kom., M.T., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II; |
Uncontrolled Keywords: | Asmaul Husna, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Marker Based, Multimedia Development Life Cycle, Asmaul Husna, Augmented Reality, Learning Media, Marker Based, Multimedia Development Life Cycle |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Mufid Agam Ramuti |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:29 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2292 |