Agustin, Lulu Tri (2025) Kreativitas Produser Dalam Membangun Sebuah Program Edukasi Entertainment Berformat Variety Show Dalam "Program Happy Science". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Kreativitas Produser Dalam Membangun Sebuah Program Edukasi Entertaiment Berformat Variey Show Dalam Program “Happy Science” [thumbnail of Kreativitas Produser Dalam Membangun Sebuah Program Edukasi Entertaiment Berformat Variey Show Dalam Program “Happy Science”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Proposal Tugas Akhirr.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
“Happy Science” is a variety show with an edutainment format that combines educational and entertaining elements to present scientific concepts to children aged 7–12 in an engaging and interactive way. This program aims to analyze the producer’s creativity in designing an educational yet entertaining show. The research method used is descriptive qualitative, with an observational and interview approach involving the production team. The results indicate that the stages of the producer’s creative idea development are based on Graham Wallas’ theory, which includes four key points: Preparation, Incubation, Illumination, and Verification. The program successfully combines educational and entertainment elements, as evidenced by the enthusiastic response from the audience and positive feedback from parents. This study highlights the vital role of the producer as the originator of ideas in creating high-quality edutainment content.
Keyword : Producer, Edutaiment, Variety Show, Happy Science
Program “Happy Science” adalah sebuah program variety show berformat edutainment yang menggabungkan unsur edukasi dan hiburan untuk menyampaikan konsep sains kepada anak-anak usia 7–12 tahun dengan cara yang menarik dan interaktif. Program ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas produser dalam merancang program edukatif yang menghibur. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi dan wawancara terhadap tim produksi. Hasil penilitian tersebut menunjukan bahwa tahapan proses pembuatan ide kreatif produser berdasarkan pada teori Graham Wallas yaitu yang meliputi beberapa point, seperti Persiapan, Inkubasi, Pencerahan dan Verifikasi. Program ini berhasil mengkombinasikan elemen edukasi dan hiburan dengan baik, ditandai dengan antusias dari audiens dan respon positif dari para orang tua. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran produser sebagai konsep ide dalam produksi konten edutaiment berkualitas.
Kata kunci : Produser, Edutaiment, Variety Show, Happy Science
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Imanuel Ronald David Mongkau, S.E., M.M., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Eben Ezer, S.Pd., M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II. |
Uncontrolled Keywords: | Keyword : Producer, Edutaiment, Variety Show, Happy Science Kata kunci : Produser, Edutaiment, Variety Show, Happy Science |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran |
Depositing User: | Lulu Tri Agustin |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:13 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2309 |