LAPORAN TUGAS AKHIR PENDEKATAN OBSERVASIONAL PADA RITUAL CIO TAO OLEH PENATA KAMERA DALAM PROGRAM DOKUMENTER “SIMBOLIKA CIPTA”

Fadhillah, Hafiz (2025) LAPORAN TUGAS AKHIR PENDEKATAN OBSERVASIONAL PADA RITUAL CIO TAO OLEH PENATA KAMERA DALAM PROGRAM DOKUMENTER “SIMBOLIKA CIPTA”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR   PENDEKATAN OBSERVASIONAL PADA RITUAL CIO TAO OLEH PENATA KAMERA DALAM PROGRAM DOKUMENTER “SIMBOLIKA CIPTA”] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PENDEKATAN OBSERVASIONAL PADA RITUAL CIO TAO OLEH PENATA KAMERA DALAM PROGRAM DOKUMENTER “SIMBOLIKA CIPTA”)
Hafiz Fadhillah repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Documentary as a form of audiovisual work has an important role in conveying messages and information to the audience. One of the parties that have a crucial role in the documentary production process is the camera man. The purpose of this article is to study the various techniques that camera stylists use when optimising the visual concept for the television documentary Simbolika Cipta. This article explores how a descriptive approach using observation techniques and literature research can be used to optimise the visual concept created by the camera artist. A camera artist or director of photography, sometimes abbreviated as DP or DOP, is a cinematographer or camera chief who works on films, television productions, or other live productions and makes technical decisions about the images (Suyanto, 2020). TV Documentary ‘Simbolika Cipta: Bowl of Life’ uses static camera techniques, and the correct way of shooting so that the images produced by the author are optimal. This writing also provides insight into the production process of the Documentary Programme ‘Simbolika cipta’. We hope that the results of this article will provide a better understanding of the role of the camera stylist in optimising visual concepts.
Keywords: Cameraman, Documentary, Symbol

Dokumenter sebagai bentuk karya audiovisual memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada audiens. Salah satu pihak yang memiliki peran krusial dalam proses produksi dokumenter adalah penata kamera Tujuan artikel ini adalah mempelajari berbagai teknik yang digunakan penata kamera saat mengoptimalkan konsep visual untuk film dokumenter televisi Simbolika Cipta . Artikel ini mengeksplorasi bagaimana pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik observasi dan penelitian literatur dapat digunakan untuk mengoptimalkan konsep visual yang diciptakan oleh seniman kamera. Penata kamera atau sutradara fotografi, terkadang disingkat DP atau DOP, adalah seorang sinematografer atau kepala kamera yang mengerjakan film, produksi televisi, atau produksi langsung lainnya dan membuat keputusan teknis tentang gambar tersebut (Suyanto, 2020). TV Dokumenter "Simbolika Cipta: Mangkuk Kehidupan" menggunakan teknik kamera statis, dan cara pengambilan gambar yang benar agar gambar yang dihasilkan penulis optimal. Penulisan ini juga memberikan wawasan tentang proses produksi Program Dokumenter "Simbolika cipta". Kami berharap hasil artikel ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran penata kamera dalam mengoptimalkan konsep visual.
Kata Kunci : Penata Kamera, Dokumenter, Simbol

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Reny Yulyati Br Lumban Toruan, M.Sn. Pembimbing II : Sjamsul Ma'Arif, M.Sn.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Cameraman, Documentary, Symbol Kata Kunci : Penata Kamera, Dokumenter, Simbol
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran
Depositing User: Hafiz Fadhillah
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:50
Last Modified: 13 Aug 2025 06:50
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item
View Item