REDESAIN ILLUSTRASI BUKU ‘AL-FATIH’ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TK IT ZIA SALSABILA

Az zahra, Naila (2025) REDESAIN ILLUSTRASI BUKU ‘AL-FATIH’ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TK IT ZIA SALSABILA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of REDESAIN ILLUSTRASI BUKU ‘AL-FATIH’ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TK IT ZIA SALSABILA] Text (REDESAIN ILLUSTRASI BUKU ‘AL-FATIH’ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TK IT ZIA SALSABILA)
TA22 (Naila Az zahra)-1-19.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (838kB)

Abstract

ABSTRACT
This final project aims to redesign the illustrations in the Al-Fatih reading book as
an effort to improve the reading ability of kindergarten students at TK IT Zia
Salsabila. The original version of the Al-Fatih book used black-and-white
illustrations, which were considered less engaging for early childhood learners and
contributed to their lack of reading interest. In this redesign, the author applied a
colorful cartoon illustration style, using vibrant colors, child-friendly layouts, and
thematic background elements to create a more cheerful and appealing visual
experience. The design process involved observation, interviews, literature studies,
and the creation of digital illustrations using applications such as Procreate and
Adobe Illustrator. The trial conducted with kindergarten students indicated that the
redesigned illustrations significantly increased their reading interest, memory of
phonetic sounds, and overall engagement during reading activities. Validation
from teachers and early childhood education practitioners confirmed that the
redesigned book is suitable for use as a learning medium, especially for
implementing the SAS (Structural Analytic Synthetic) method. It is expected that
this redesigned book will serve as a more effective, attractive, and educationally
supportive tool to enhance early literacy development.
Keywords: Illustration redesign, children’s book, reading ability, SAS method,
TK IT Zia Salsabila.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang (redesain) ilustrasi pada buku AlFatih sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa TK IT Zia
Salsabila. Buku Al-Fatih yang sebelumnya menggunakan ilustrasi hitam-putih
dinilai kurang menarik bagi anak-anak usia dini, sehingga berpengaruh terhadap
minat baca mereka. Dalam redesain ini, penulis menerapkan konsep ilustrasi
bergaya kartun dengan warna full color yang cerah, tata letak yang komunikatif,
serta penambahan elemen visual pendukung seperti latar belakang tematik yang
ceria dan ramah anak. Proses perancangan dilakukan melalui tahapan observasi,
wawancara, studi pustaka, hingga produksi ilustrasi digital menggunakan aplikasi
seperti Procreate dan Adobe Illustrator. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap
siswa TK menunjukkan bahwa redesain ilustrasi mampu meningkatkan minat baca,
daya ingat terhadap bunyi huruf, serta keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Validasi oleh guru dan praktisi pendidikan anak usia dini juga menyatakan bahwa
buku yang telah diredesain layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis
metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Diharapkan, buku hasil redesain ini
dapat menjadi media ajar yang lebih efektif, menarik, dan mendukung
perkembangan literasi anak secara optimal.
Kata Kunci: Redesain ilustrasi, buku anak, kemampuan membaca, metode
SAS, TK IT Zia Salsabila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dadang Syaputra,SE.,M.Si 2. Fitri Evita,SE.,S.Pd.,M.Sn
Uncontrolled Keywords: Redesain ilustrasi, buku anak, kemampuan membaca, metode SAS, TK IT Zia Salsabila
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 750 Seni lukis > 751 Teknik seni lukis, peralatan, bahan, dan formulir
700 - Seni dan Rekreasi > 750 Seni lukis > 752 Seni warna
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: Naila Az zahra
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:47
Last Modified: 13 Aug 2025 07:47
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item
View Item