PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025

FAUDI, MOHAMMAD (2025) PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025] Text (PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025)
Laporan Tugas Akhir_Mohammad Faudi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT

Dibimbing.id is a digital skills learning and work preparation platform that utilizes Instagram social media to promote its products through a carousel format. However, most of the content presented discusses products that are not in accordance with market conditions. Therefore, a strategy is needed through visual content design that can attract the attention of the audience so that it can increase engagement. The purpose of this writing is to show that the author's content design has a positive impact on engagement through a comparison of previous content designs. The data collection method is observation and literature study. Analysis was also carried out on the author's visual content design with the previous author's visual content design based on design elements, design principles, and AIDA. The results, in terms of design elements tend to be similar, the author's visual content design is quite good at applying design principles, Awareness in AIDA Theory lies in the first slide which is an important part to pay attention to. Measurement of interaction is carried out through total engagement and engagement by followers, and the results are an increase in engagement and engagement rate.
Keywords: Visual Content, Social Media, Instagram, Engagement

ABSTRAK

Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran digital skills dan persiapan kerja yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk mempromosikan tentang produknya melalui format carousel. Namun, sebagian besar konten yang disajikan lebih membahas produk yang tidak sesuai dengan kondisi pasar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi melalui desain konten visual yang mampu menarik perhatian audiens sehingga dapat meningkatkan engagement. Tujuan penulisan ini ingin menunjukan bahwa desain konten penulis memiliki dampak yang positif terhadap engagement melalui komparasi desain konten sebelumnya. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan studi pustaka. Analisis juga dilakukan dengan terhadap desain konten visual penulis dengan desain konten visual sebelum penulis berdasarkan elemen desain, prinsip desain, dan AIDA. Hasilnya, secara elemen desain cenderung serupa, desain konten visual penulis sudah cukup baik dalam menerapkan prinsip desain, Awareness pada Teori AIDA terletak pada slide pertama yang menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan. Pengukuran interaksi dilakukan melalui total engagement dan engagement by followers, dan hasilnya adalah terjadi peningkatan engagement maupun engagement rate.

Kata Kunci: Konten Visual, Media Sosial, Instagram, Engagement

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. R. Sulistiyo Wibowo, S.Sn., M.Sn Sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Muhammad Nur, M.Kom Sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Visual Content, Social Media, Instagram, Engagement, Konten Visual, Media Sosial, Instagram, Engagement
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Mohammad Faudi
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:35
Last Modified: 13 Aug 2025 07:35
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2347

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item