FAUDI, MOHAMMAD (2025) PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
This is the latest version of this item.
![PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025 [thumbnail of PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir_Mohammad Faudi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRACT
Dibimbing.id is a digital skills learning and work preparation platform that utilizes Instagram social media to promote its products through a carousel format. However, most of the content presented discusses products that are not in accordance with market conditions. Therefore, a strategy is needed through visual content design that can attract the attention of the audience so that it can increase engagement. The purpose of this writing is to show that the author's content design has a positive impact on engagement through a comparison of previous content designs. The data collection method is observation and literature study. Analysis was also carried out on the author's visual content design with the previous author's visual content design based on design elements, design principles, and AIDA. The results, in terms of design elements tend to be similar, the author's visual content design is quite good at applying design principles, Awareness in AIDA Theory lies in the first slide which is an important part to pay attention to. Measurement of interaction is carried out through total engagement and engagement by followers, and the results are an increase in engagement and engagement rate.
Keywords: Visual Content, Social Media, Instagram, Engagement
ABSTRAK
Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran digital skills dan persiapan kerja yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk mempromosikan tentang produknya melalui format carousel. Namun, sebagian besar konten yang disajikan lebih membahas produk yang tidak sesuai dengan kondisi pasar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi melalui desain konten visual yang mampu menarik perhatian audiens sehingga dapat meningkatkan engagement. Tujuan penulisan ini ingin menunjukan bahwa desain konten penulis memiliki dampak yang positif terhadap engagement melalui komparasi desain konten sebelumnya. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan studi pustaka. Analisis juga dilakukan dengan terhadap desain konten visual penulis dengan desain konten visual sebelum penulis berdasarkan elemen desain, prinsip desain, dan AIDA. Hasilnya, secara elemen desain cenderung serupa, desain konten visual penulis sudah cukup baik dalam menerapkan prinsip desain, Awareness pada Teori AIDA terletak pada slide pertama yang menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan. Pengukuran interaksi dilakukan melalui total engagement dan engagement by followers, dan hasilnya adalah terjadi peningkatan engagement maupun engagement rate.
Kata Kunci: Konten Visual, Media Sosial, Instagram, Engagement
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. R. Sulistiyo Wibowo, S.Sn., M.Sn Sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Muhammad Nur, M.Kom Sebagai Dosen Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Visual Content, Social Media, Instagram, Engagement, Konten Visual, Media Sosial, Instagram, Engagement |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Mohammad Faudi |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:35 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:35 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2347 |
Available Versions of this Item
-
PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT
PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025. (deposited 13 Aug 2025 08:06)
- PEMBUATAN KONTEN VISUAL CAROUSEL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dibimbing.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025. (deposited 13 Aug 2025 07:35) [Currently Displayed]