PERAN PENATA KAMERA DALAM OPTIMALISASI KONSEP VISUAL PADA PROGRAM DOKUMENTER TELEVISI “DIBALIK SAJIAN RASA : MIE LETHEK BANTUL”

Febrian, Latif Ridho (2024) PERAN PENATA KAMERA DALAM OPTIMALISASI KONSEP VISUAL PADA PROGRAM DOKUMENTER TELEVISI “DIBALIK SAJIAN RASA : MIE LETHEK BANTUL”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERAN PENATA KAMERA DALAM OPTIMALISASI KONSEP VISUAL PADA PROGRAM DOKUMENTER TELEVISI “DIBALIK SAJIAN RASA : MIE LETHEK BANTUL”] Text (PERAN PENATA KAMERA DALAM OPTIMALISASI KONSEP VISUAL PADA PROGRAM DOKUMENTER TELEVISI “DIBALIK SAJIAN RASA : MIE LETHEK BANTUL”)
Penulisan Latif Ridho Febrian Sidang Revisi-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (509kB)

Abstract

Dokumenter menjadi salah satu pilihan bagi pembuat karya untuk menyampaikan
motif komunikasinya kepada publik dengan merinci fakta secara terstruktur. Salah
satunya program yang penulis pilih yaitu Dokumenter Televisi "Dibalik Sajian
Rasa”. Untuk memvisualisasikan dokumenter ini penulis berperan sebagai penata
kamera. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui berbagai teknik yang digunakan
oleh penata kamera dalam optimalisasi konsep visual untuk program dokumenter
televisi ”Dibalik Sajian Rasa”. Penulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif
dengan menggunakan metode observasi dan studi pustaka guna mengetahui tentang
bagaimana optimalisasi konsep visual yang dibuat oleh penata kamera. Penata
kamera atau Director of Photograph,kadang-kadang disingkat DP atau DOP adalah
orang yang bertanggung jawab dalam bidang sinematografi atau kepala kamera
yang mengerjakan film, produksi televisi atau karya langsung lainnya untuk
membuat keputusan teknis terkait gambar tersebut (Suyanto, 2020). Dalam program
dokumenter televisi “Dibalik Sajian Rasa” penulis menggunakan tehnik kamera,
dan type of shot yang tepat agar visual yang penulis buat optimal. Penulisan ini juga
memberikan wawasan tentang proses produksi program dokumenter televisi
"Dibalik Sajian Rasa". Diharapkan hasil penulisan ini dapat memberikan
pemahaman yang lebih baik tentang peran penata kamera dalam optimalisasi
konsep visual.

Documentaries have become a popular choice for creators to convey their
communication motives to the public by detailing facts in a structured manner. One
such program is the television documentary "Dibalik Sajian Rasa." In visualizing
this documentary, the author assumes the role of the cinematographer. The purpose
of this writing is to explore the various techniques used by the cinematographer in
optimizing the visual concept for the television documentary program "Dibalik
Sajian Rasa." This writing employs a descriptive approach using observation and
literature review methods to understand how the cinematographer's visual concept
is optimized. The cinematographer, also known as the Director of Photography (DP
or DOP), is responsible for the field of cinematography or head camera operator,
making technical decisions related to the imagery (Suyanto, 2020). In the television
documentary program "Dibalik Sajian Rasa," the author utilizes optimal camera
techniques and types of shots for the program created. This writing also provides
insights into the production process of the television documentary program "Dibalik
Sajian Rasa." It is hoped that the results of this writing will offer a better
understanding of the cinematographer's role in optimizing the visual concept.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Reny Yulyati Br Lumban Toruan, S.Sn.,M.Sn. ; 2. Sjamsul Ma’arif, M.Sn.
Uncontrolled Keywords: Dokumenter Televisi, Penata Camera, Optimalisasi Konsep Visual, Television Documentary, Director Of Photography, Optimizing Visual Concept
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:56
Last Modified: 18 Feb 2025 03:56
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item
View Item