Firza Sofyan, Alfi (2025) Perancangan Konten Literasi Penggunaan Produk Berbasis AIDA pada Instagram Pabrik Goodie Bag untuk Meningkatkan Awareness Pengguna. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN KONTEN LITERASI PENGGUNAAN PRODUK BERBASIS AIDA PADA INSTAGRAM PABRIK GOODIE BAG UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS PENGGUNA [thumbnail of PERANCANGAN KONTEN LITERASI PENGGUNAAN PRODUK BERBASIS AIDA PADA INSTAGRAM PABRIK GOODIE BAG UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS PENGGUNA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir Alfi Firza Sofyan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (652kB)
Abstract
ABSTRACT
Instagram Pabrik Goodie Bag faces problems due to a lack of educational content that provides users with product usage literacy. This final project focuses on designing product usage literacy content on Instagram Pabrik Goodie Bag to increase user awareness. The main objective of this final project is to formulate stages of literacy content design that can increase user awareness of the products offered. This thesis employs the AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) theory as a technique in designing product usage literacy content, as well as SWOT analysis to assess internal and external content conditions. The methods used include observing the Instagram account prior to design and conducting literature reviews to strengthen the theoretical foundation and content strategies. The results of the study show a significant increase in impressions by 76.5% and reach by 239.9% after implementing the content literacy design stages. This increase indicates that content designed using the AIDA technique can attract user attention and enhance audience interaction with the product.
ABSTRAK
Instagram Pabrik Goodie Bag menghadapi masalah pada kurangnya perancangan konten edukatif yang memberikan literasi penggunaan produk kepada pengguna. Penulisan tugas akhir ini berfokus pada perancangan konten literasi penggunaan produk pada Instagram Pabrik Goodie Bag untuk meningkatkan awareness pengguna. Tujuan utama dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk merumuskan tahapan perancangan konten literasi yang dapat meningkatkan awareness pengguna terhadap produk yang ditawarkan. Penulisan ini menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai teknik dalam perancangan konten literasi penggunaan produk. Serta SWOT untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal konten. Metode yang digunakan adalah observasi terhadap akun Instagram sebelum dilakukan perancangan serta studi pustaka untuk memperkuat landasan teori dan strategi konten. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam jumlah impression sebesar 76,5% dan reach sebesar 239,9% setelah penerapan tahapan perancangan konten literasi. Peningkatan ini menandakan bahwa konten yang dirancang dengan teknik AIDA dapat menarik perhatian pengguna dan meningkatkan interaksi audiens dengan produk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Anindita Budi Astuti, S.E., M.M., Sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Rizki Akbar Mustopa., S.Pd., Gr., M.Pd., Sebagai Dosen Pembimbing II. |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: AIDA, Awareness, Content, Content design, Instagram. Kata kunci : AIDA, Kesadaran, Perancangan konten, Instagram, Konten. |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Alfi Firza Sofyan |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:39 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:39 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2391 |