PERANCANGAN GERAK PADA KARAKTER TUNARUNGU DALAM FILM ANIMASI 3D "SARAS"

Wardani, Cintana (2025) PERANCANGAN GERAK PADA KARAKTER TUNARUNGU DALAM FILM ANIMASI 3D "SARAS". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of Perancangan Gerak Pada Karakter Tunarungu Dalam Film Animasi 3D "Saras"] Text (Perancangan Gerak Pada Karakter Tunarungu Dalam Film Animasi 3D "Saras")
LAPORAN_TA-_Cintana_Febryani_Putri_Kusuma_Wardani-_21230034_ANIMASIpdf-1-16.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (702kB)

Abstract

ABSTRACT
This project focuses on the animation design of a deaf character in the
3D animated short film "Saras." The aim is to explore how animation can
visually represent the unique body language, expressions, and nonverbal
communication styles of individuals who are deaf, particularly through
sign language and expressive gestures. The character design and
animation were developed using Blender software. This study employs a
qualitative approach through observation, animation experimentation,
and a supporting questionnaire distributed to 25 deaf respondents.
Results show that over 80% of participants found subtitles essential in
understanding visual content, and most emphasized the importance of
facial expressions and repeated gestures in communication. It is expected
that this film will raise awareness of deaf culture and provide inclusive
representation in the 3D animation industry.
Keywords: Deaf character, animation design, 3D animation, qualitative

ABSTRAK
Proyek ini berfokus pada perancangan gerak karakter tunarungu dalam
film pendek animasi 3D berjudul "Saras." Tujuannya adalah untuk
mengeksplorasi bagaimana animasi dapat merepresentasikan bahasa
tubuh, ekspresi, dan gaya komunikasi nonverbal yang khas dari individu
tunarungu, terutama melalui bahasa isyarat dan gerakan ekspresif.
Perancangan karakter dan gerak dikembangkan dengan menggunakan
perangkat lunak Blender. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif melalui observasi, eksperimen animasi, serta kuesioner yang
dibagikan kepada 25 responden tunarungu. Hasil kuesioner menunjukkan
bahwa lebih dari 80% responden merasa subtitle sangat membantu dalam
memahami konten visual, dan mayoritas menekankan pentingnya
ekspresi wajah dan pengulangan gerakan dalam komunikasi. Diharapkan
film ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap budaya tuli serta
memberikan representasi yang inklusif dalam industri animasi 3D.
Kata Kunci: Karakter tunarungu, perancangan gerak,
animasi 3D, kualitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M, selaku Pembimbing 1 Penulisan Karya Tugas Akhir Moses Raisa Graceivan, M.Sn., selaku Pembimbing 2 Materi Karya Tugas Akhir.
Uncontrolled Keywords: Deaf character, animation design, 3D animation, qualitative Karakter tunarungu, perancangan gerak, animasi 3D, kualitatif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Cintana Febryani Putri Kusuma Wardani
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:48
Last Modified: 13 Aug 2025 03:48
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item
View Item