PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA AKUN INSTAGRAM @MAJALAH.JAKITA TAHUN 2025

Rayhan Febianto, Muhammad (2025) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA AKUN INSTAGRAM @MAJALAH.JAKITA TAHUN 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Tugas Akhir Muhammad Rayhan Febianto_Perancangan Identitas Visual Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness Pada Akun Instagram @majalah.jakita Tahun 2025.pdf] Text
Tugas Akhir Muhammad Rayhan Febianto_Perancangan Identitas Visual Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness Pada Akun Instagram @majalah.jakita Tahun 2025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (508kB)

Abstract

JaKita Magazine is an official digital media platform owned by the Provincial
Government of DKI Jakarta and managed by the Jakarta Office of Communication,
Informatics, and Statistics (Diskominfotik). It is present on Instagram as a means
of public communication and information. This final project aims to explore the
visual identity design in an effort to increase brand awareness of the Instagram
account @majalah.jakita in 2025. The writer refers to the theory of Graphic Design
by Aaris Sherin and Poppy Evans (2023). The research method used is descriptive,
with data collected through observation, online data tracking, and literature
studies. As a graphic designer, the writer began the pre-production stage by
receiving the design brief, conducting brainstorming sessions, and gathering
references and required assets. The production stage included the design process,
file composition, and design review. In the post-production stage, the process
involved uploading files to Google Drive and publishing designs on Instagram. The
design process, supported by the STP approach, brand guidelines, design
principles and elements, and content pillars, resulted in a consistent and distinctive
visual identity that successfully increased awareness. This made the Instagram
account @majalah.jakita more recognizable and relatable to its audience.
Keywords : Graphic design, Visual identity, Brand awareness, Instagram, Majalah
Jakita

Majalah JaKita merupakan media digital resmi milik Pemerintah Provinsi DKI
Jakarta yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik
(Diskominfotik) Jakarta, hadir di Instagram sebagai sarana komunikasi dan
informasi publik. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perancangan identitas
visual dalam upaya meningkatkan brand awareness pada akun Instagram
@majalah.jakita tahun 2025. Penulis merujuk teori Desain Grafis menurut Aaris
Sherin dan Poppy Evans (2023). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan
teknik pengumpulan data observasi, penelusuran data online, dan studi pustaka.
Sebagai desainer grafis, penulis memulai dengan pekerjaan praproduksi dengan
menerima design brief, brainstorming, dan finding references and required assets.
Selanjutnya, dilakukan pekerjaan produksi, dengan langkah Design Process, File
Composition, dan Design Review. Pada tahap akhir, dilakukan pascaproduksi,
yaitu dengan Upload File to Google Drive, Upload Design to Instagram.
Perancangan dengan pendekatan STP, brand guideline, prinsip dan elemen desain,
serta content pillar menghasilkan identitas visual yang konsisten dan memiliki ciri
khas, mampu meningkatkan awareness. Hal ini membuat akun Instagram
@majalah jakita menjadi lebih dikenal oleh audiens.
Kata Kunci : Graphic design, Visual identity, Brand awareness, Instagram,
Majalah Jakita

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Tipri Rose Kartika, M.M., sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Ratna Puspitasari Ardjani, M.FB., sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Keywords : Graphic design, Visual identity, Brand awareness, Instagram, Majalah Jakita Kata Kunci : Graphic design, Visual identity, Brand awareness, Instagram, Majalah Jakita
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Muhammad Rayhan Febianto
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:55
Last Modified: 21 Aug 2025 02:55
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2403

Actions (login required)

View Item
View Item