AZZAM ILHAM, MUHAMAD (2025) PERANCANGAN ZINE CAMPAIGN BAHAYA KEBIASAAN MENONTON VIDEO SHORT HOAKS GUNA MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN ZINE CAMPAIGN BAHAYA KEBIASAAN MENONTON VIDEO SHORT HOAKS GUNA MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT [thumbnail of PERANCANGAN ZINE CAMPAIGN BAHAYA KEBIASAAN MENONTON VIDEO SHORT HOAKS GUNA MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_E_17_MUHAMAD AZZAM ILHAM_REPOSITORY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
The rise in consumption of short videos on social media has increased the potential for the massive and uncontrolled spread of hoaxes. The habit of watching short videos without critical filters is a serious threat to public information literacy. The design of this zine was carried out as a visual campaign effort to raise awareness of the dangers of hoaxes in short videos, especially among Generation X. The purpose of this design is to create communicative and interesting information media, so that it can educate the public to be more critical in receiving and disseminating information. Visual media that is packaged in an attractive and informative way in the form of zines can be an effective solution in increasing public literacy towards digital hoaxes. zines with a communicative graphic design approach can be a campaign media that is right on target, informative, and has the potential to encourage changes in people's mindsets towards entertaining short video content.
Keywords: Zine, Campaign, Graphic Design, Short Video, Hoax
Maraknya konsumsi video pendek (video short) di media sosial telah meningkatkan potensi penyebaran hoaks secara masif dan tidak terkendali. Kebiasaan menonton video short tanpa filter kritis menjadi ancaman serius terhadap literasi informasi masyarakat. Perancangan zine ini dilakukan sebagai upaya kampanye visual untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya hoaks dalam video pendek, khususnya di kalangan Generasi X. Tujuan dari perancangan ini adalah menciptakan media informasi yang komunikatif dan menarik, sehingga dapat mengedukasi masyarakat agar lebih kritis dalam menerima dan menyebarkan informasi. Media visual yang dikemas secara menarik dan informatif dalam bentuk zine dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan literasi masyarakat terhadap hoaks digital. zine dengan pendekatan desain grafis yang komunikatif mampu menjadi media kampanye yang tepat sasaran, informatif, dan berpotensi mendorong perubahan pola pikir masyarakat terhadap konten video pendek yang menyesatkan.
Kata kunci : Zine, Campaign, Desain Grafis, Video Short, Hoaks
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1.Drs Hari Purnomo, M.Sn Sebagai Pembimbing 1 2.Gun Gun Waldi Gumilar, M.M |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Zine, Campaign, Desain Grafis, Video Short, Hoaks |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Muhamadd Azzam Ilham |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2419 |