Anugrah Harikemas, Valian (2025) Perancangan Brand Identity Untuk UMKM Markisaqu. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN BRAND IDENTITY UNTUK UMKM MARKISAQU [thumbnail of PERANCANGAN BRAND IDENTITY UNTUK UMKM MARKISAQU]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PERANCANGAN BRAND IDENTITY UNTUK UMKM MARKISAQU.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Markisaqu adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di bidang minuman lokal berbahan dasar sari buah markisa. Meski memiliki potensi besar, merek ini belum memiliki media promosi dan identitas visual yang terstruktur. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang strategi media promosi dan identitas visual yang dapat memperkuat citra merek dan menarik minat konsumen. Metodologi yang digunakan meliputi observasi, tinjauan pustaka yang meliputi teori desain komunikasi visual, branding, identitas visual, dan prinsip komunikasi pemasaran, wawancara dengan pemilik usaha, serta pembuatan moodboard dan pengumpulan referensi visual sebagai dasar proses desain. Hasil dari perancangan berupa logo dan buku graphic standard manual (GSM) dengan 76 halaman yang menunjukan bahwa penggunaan elemen visual seperti logo, warna, tipografi, dan layout secara konsisten berhasil meningkatkan daya tarik produk serta memperkuat identitas Markisaqu di mata konsumen dalam waktu yang relative singkat, terlebih setelah diterapkan dalam berbagai media promosi dan kemasan produk. dari perancangan ini, media promosi dan identitas visual yang strategis sangat dibutuhkan agar Markisaqu lebih kompetitif dan mudah dikenali di pasar minuman lokal.
Markisaqu is a micro, small, and medium enterprise (MSME) operating in the local beverage sector, specializing in drinks made from passion fruit extract. Despite its great potential, the brand previously lacked structured promotional media and a cohesive visual identity. This design project aims to develop a promotional media strategy and visual identity system to strengthen the brand image and attract consumer interest. The methodology employed includes observation, literature review covering visual communication design theory, branding, visual identity, and marketing communication principles, interviews with the business owner, as well as the creation of a moodboard and collection of visual references as the foundation for the design process. The final outcome consists of a logo and a 76 page Graphic Standard Manual (GSM), demonstrating that consistent use of visual elements such as logos, colors, typography, and layout successfully enhances the product’s appeal and reinforces Markisaqu’s identity in the eyes of consumers within a relatively short period, especially after being applied to various promotional materials and product packaging. This project highlights the importance of strategic promotional media and visual identity to make Markisaqu more competitive and easily recognizable in the local beverage market.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Angga Priatna, S.DKV., M.Sn Sebagai Dosen Pembimbing I 2. Yusuf Nurrachman, S.T.,M,M.S.I Sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Desain Komunikasi Visual, Brand Identity, Markisaqu,Visual Communication Design, Brand Identity, Markisaqu |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Valian Anugrah Harikemas |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:31 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:31 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2451 |