PERANCANGAN BUSANA KERJA GURU TK DENGAN PENDEKATAN DOPAMINE DRESSING (STUDI KASUS TK ISLAM NURUL ATHFAL)

Ardita Putri, Ainunnisa (2025) PERANCANGAN BUSANA KERJA GURU TK DENGAN PENDEKATAN DOPAMINE DRESSING (STUDI KASUS TK ISLAM NURUL ATHFAL). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUSANA KERJA GURU TK DENGAN PENDEKATAN DOPAMINE DRESSING (STUDI KASUS TK ISLAM NURUL ATHFAL)] Text (PERANCANGAN BUSANA KERJA GURU TK DENGAN PENDEKATAN DOPAMINE DRESSING (STUDI KASUS TK ISLAM NURUL ATHFAL))
Preliminary .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (305kB)

Abstract

Based on educators' needs for work attire that not only functions well and efficiently but can also increase enthusiasm and self-confidence during professional activities in the school environment. In the context of early childhood education, teachers' moods significantly influence children's interactions and learning motivation, so teachers require optimal support, including in the selection of work attire. This study used quantitative methods with data collection through observation, interviews, and literature studies related to clothing designs that can increase dopamine, a hormone closely related to feelings of happiness and positive moods. The results showed that the selection of bright colors, comfortable materials, and attractive designs can improve teachers' moods, thereby creating a more positive and enjoyable classroom atmosphere for children. In addition, the designed clothing must meet both aesthetic and functional aspects, so that teachers can move freely while teaching. This research is expected to contribute to the development of the kindergarten teacher profession and improve the quality of the Teaching and Learning (KBM) experience.

Berdasarkan pada keperluan pendidik mengenai pakaian kerja yang tidak hanya berfungsi dengan baik dan efisien, tetapi juga dapat meningkatkan semangat serta rasa percaya diri selama melakukan kegiatan profesional di lingkungan sekolah. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, suasana hati guru sangat berpengaruh terhadap interaksi serta motivasi belajar anak, sehingga guru membutuhkan dukungan optimal, termasuk dari pemilihan pakaian kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur terkait desain pakaian yang dapat meningkatkan dopamin, yaitu hormon yang berhubungan erat dengan perasaan bahagia dan suasana positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan warna cerah, bahan yang nyaman dan desain menarik dapat meningkatkan suasana hati guru, sehingga turut menciptakan suasana kelas yang lebih positif dan menyenangkan untuk anak. Selain itu, pakaian yang dirancang harus memenuhi aspek estetika sekaligus fungsional, sehingga guru dapat bergerak bebas saat mengajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan profesi guru TK serta meningkatkan kualitas pengalaman kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pingki Indrianti, M.Ds sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Eka Triana, SE., M.S.Ak sebagai Dosen Pembimbing 2;
Uncontrolled Keywords: Work wear, Kindergarten Teacher, Dopamine Clothing, Multifunctional, Early Childhood Educational. Busana Kerja, Guru TK, Pakaian Dopamin, Multifungsi, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Mode
Depositing User: Ainunnisa Ardita Putri
Date Deposited: 19 Aug 2025 04:13
Last Modified: 19 Aug 2025 04:13
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item
View Item